PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA SD MURSYIDAH SURABAYA

Isna Ida Mardiyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuana awal siswa berpikir kreatif dan pengaruh model pembelajaran experiential learning terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi energy dan perubahannya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Mursyidah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan quasi experimental design dengan jenis non-equivalent control group design. Penelitian terdiri atas 50 siswa sebagai sampel, yaitu 25 siswa pada kelas eksperimen dan 25 siswa pada kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji t dua sampel independent. Hasil kemampuan awal siswa berpikir kreatif menunjukkan nilai pretest klasikal kelas eksperimen 40 dan kelas kontrol 34,8 pada kategori kurang kreatif. Hasil perhitungan posstest uji t keterampilan berpikir kreatif diperoleh thitung = 7,183 lebih dari ttabel = 2,011, keputusan yang didapat yaitu Ho ditolak maka terdapat perbedaan. Apabila ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai posttest, yaitu nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata posttest kelas control maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran experiential learning berpengaruh terhadap keterampilan kreatif siswa kelas IV di SD Mursyidah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.