FILM DOKUMENTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL : Kelayakan dan Respons Siswa
Abstract
Film dokumenter merupakan jenis media gambar bergerak berdasarkan kenyataan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keyakan dan respons siswa terhadap film dokumenter sebagai media pembelajaran berbasis audio visual pada materi cahaya dan optik kelas VIll MTS Al Husen di Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan desain penelitian ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluate). Film dokumenter terlebih dahulu melalui uji kelayakan aspek materi dan aspek media. Dari validasi pakar film dinyatakan layak diuji cobakan kepada siswa dengan rata-rata validitas sebesar 92,55% (sangat layak) dan reliabilitas sebesar 93,54% (reliabel). Film kemudian memasuki tahap uji coba kepada siswa. Film dokumenter yang diujicobakan kepada siswa menghasilkan persentase sebesar 81,21% (Sangat baik) sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa tertarik belajar materi cahaya dan optik menggunakan film dokumenter.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.