LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS

Muhammad Syaifudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dalam menumbuhkan keterampilan sains pada pembelajaran listrik dinamis. Adanya integrasi LKPD berbasis STEM dalam pendidikan diharapkan menjadi salah satu solusi alternatif platform pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran fisika yang menarik, kontekstual, ilmiah, dan lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini adalah semua peserta didik kelas  XII IPA 8 yang jumlahnya  32 peserta didik. Instrumen penelitian ini adalah daftar pengecekan (check list) tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran listrik dinamis menggunakan LKPD berbasis STEM. Disamping itu, dalam upaya mengoptimalkan refleksi kegiatan PTK digunakan pula jurnal harian. Komponen-komponen dalam setiap langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran listrik dinamis menggunakan LKPD berbasis STEM yang teramati pada setiap observasi diberi skor 1 sebaliknya yang tidak teramati diberi skor 0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi penggunaan LKPD berbasis STEM untuk menumbuhkan keterampilan sains pada kelas XII IPA 8 berturut-turut adalah 77%, 85%, dan 91%. Dengan demikian, ketercapaian teroptimal LKPD berbasis STEM dalam menumbuhkan keterampilan sains pada pembelajaran listrik dinamis di SMA Negeri 1 Purbalingga adalah pada tindakan III dengan pelaksanaan skenario pembelajaran yang lebih memperhatikan manajemen waktu

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ardiansyah, D. (2014). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Asam Basa Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2).

Ahmad, Zahanim. (2017). Perlaksanaan Literasi dan Numeracy (berhitung) di Sekolah Rendah. Malaysia: Pusat Pengajian Teras. Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor.

Arikunto, S. (1997). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., & Amalia, A. F. (2020). Development of Physics ELKPD (Electronic Worksheets) Using 3D Pageflip Based on Problem Based Learning on Balancing and Rotation Dynamics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2).

Ibrahim. (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Kalsum, U. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatakan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Meyers Keith, Thomasson Melissa A. (2017). Paralyzed by panic measuring the effect of school closures during the 1916 polio pandemic on educational attainment. Cambridge: National Bureau of Economic Research.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rismawati, Septa Lutfia. (2019). Efektivitas LKPD Berbasis STEM terhadap Kemampuan Literasi Sains pada Materi Pemuaian. Malang: UM.

Sanders, M. (2009). STEM, STEM Education, STEM Mania. The Technology Teacher, 2.

Samal Nursam, Ramlawati, & Rusli, M.A. (2021). Optimalisasi Literasi Digital melalui Pendekatan STEM. Prosisding Seminar Nasional Pendidikan IPA, II.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi NumerasiDi Masa Pandemi COV-19. Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1).

Siti Suryaningsih, dan Riska Nurlita. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E- LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2.

Tim Pelatih Proyek PGSM. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.

Torlakson, T. (2014). Innovate: A Blueprint For Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. California: State Superintendent of Public Instruction.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wenning, C.J. (2017). Assesing inquiryskills as a component of scientific literacy. Journal of Physics Teacher Education Online, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All right reserved