PENGEMBANGAN MEDIA EXPLANATION AUGMENTED REALITY (EAR) UNTUK PERISTIWA KONSLETING LISTRIK

Dimas Ardiansyah, Sigit Dwi Saputro

Abstract


Kebakaran merupakan bencana yang sering terjadi akibat konsleting listrik. Korsleting listrik terjadi akibat dua ujung hantaran yang berlawanan terhubung langsung, hal ini merupakan akibat dari kurangnya pemahamanan mengenai pemilihan peralatan instalasi listrik yang benar dan tidak pernah di cek kelayakannya. Agar pemahaman mengenai peristiwa kebakaran akibat konsleting listrik dipahami sejak usia sekolah, maka perlu dikembangkan media pembelajaran yang lebih menarik. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diperlukan media pembelajaran berbasis teknologi Augmented Reality untuk menggabungkan antara objek dunia nyata dan objek dunia maya dalam bentuk EAR. Media EAR menampilkan model interaktif bentuk 3D peristiwa kebakaran akibat konsleting listrik sehingga mempermudah proses pemahaman siswa. Model penelitian yang digunakan adalah model Plomp pada tiga tahap yaitu analisis kebutuhan, tinjauan literatur dan pengembangan kerangka konseptual. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dapat digunakan siswa dalam memahami peristiwa kebakaran akibat konsleting listrik.

Full Text:

PDF

References


Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented Reality: Solusi Pembelajaran IPA di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 19–26.

Novita, K., & Rahayu, S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.

Putri A, & Guspatni. (2023). Desain Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Augmented Reality pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur. Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(2), 15034-15045.

Rahayu, W. I., Bibi, S., & Arief, M. S. (2022). Perancangan media pembelajaran rangkaian listrik dasar menggunakan teknologi augmented reality melalui virtual laboratory. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 11(2), 200–210.

Rifai, M., & Veronica, N. F. (2022). Peningkatan Pengetahuan Bahaya Kelistrikan Sektor Rumah Tangga Di Dusun Tegal Asri, Banguntapan, Bantul. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 187–194.

Roby, M., Nst, A. A., Tarigan, M. R., & Nasution, A. A. (2022). Rancang Bangun Pengaman Kebakaran Akibat Korsleting Listrik Karena Pelelehan Kabel Berbasis Telegram. Journal of Electrical Technology (Vol. 7, Issue 2).

Saputra, B. M., Tafrikhatin, A., & Wulandari, A. T. (2022). Media Pembelajaran Instalasi Listrik Rumah Sederhana Untuk Pembelajaran Instalasi Listrik. JURNAL JASATEC Journal Of Students of Automotive, Electronic and Computer, 2(1), 20–27.

Setiyo, B. (2014). Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Pada Rumah Tinggal Atau Gedung. Edu Elektrika Journal , 3(2), 17–21. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduel

Sugiharto, A., Alfi, I., & Suwirno, S. (2022). Teknologi Augmented Reality untuk instalasi kelistrikan gedung. Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 14(2).

Wildan, W., Supriadi, Hadisaputra, S., Muti’ah, M., Siahaan, J., & Ariani, S. (2023). Melatih Model Mental Kimia Siswa SMAN 1 Sambelia Menggunakan Media Augmented Reality. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 2(1), 31–35.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All right reserved