IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 4 JEMBER
Abstract
Faktor pemilihan model pembelajaran di era kurikulum merdeka dapat mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran. Kesalahan dalam pemilihan model pembelajaran dapat menyebabkan kegagalan dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang sesuai dengan penerapan kurikulum merdeka. Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) diterapkan pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 4 Jember terutama pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas VIII D. Instrumen penelitian berupa hasil proyek yang disajikan siswa dibagi menjadi 8 kelompok. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 hari selama 2 minggu yaitu bulan September-Oktober 2023. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) pada program mandiri cukup baik. Dengan model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) dapat meningkatkan kreativitas, aktivitas dan keterampilan siswa. Model Project-Based Learning (PJBL) akan menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran atau disebut juga Student-Centered Learning (SCL). Hasil analisis dampak model project based learning (PJBL) pada program penelitian mandiri menunjukkan bahwa siswa mampu menjelaskan sistem pencernaan dan bagian-bagiannya. Secara umum dapat dikatakan bahwa model Project Based Learning (PJBL) diterapkan sangat efektif pada pembelajaran IPA, khususnya di era kurikulum merdeka.
Full Text:
PDFReferences
Anggraini , P. D., dan S. S. Wulandari. ( 2021 ). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 9 ( 2 ), 292 – 299.
Baruta, Y. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Penididikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Fahlevi, M.R. ( 2022 ). Kajian Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Sustainable. 5(2), 230-249.
Fakhruddin, I. A., R. M. Probosari, N. Y. Indriyani, A. N. Khasanah, dan B. Utami. ( 2023 ). Implementasi Pembelajaran STEM dalam Kurikulum Merdeka: Pemetaan Kesiapan, Hambatan dan Tantangan pada Guru SMP. Resona Jurnal Ilmiah Pengabdian masyarakat. 7(1), 71-81.
Kurniati, L., dan R. Kusumawati. ( 2023 ). Analisis Kesiapan Guru SMP di Demak dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cakrawala Ilmiah. 2(6), 2683-2692.
Martati , B. ( 2022 ). Penerapan Project based learning dalam pembelajaran di sekolah dasar. Proceeding Umsurabaya. 1 ( 1 ), 13 – 22.
Nasution, A. F. ( 2023 ). Hambatan dan tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education. 5(4), 17308-17313.
Rahayu, R., R. Rosita, Y. S .Rahayuningsih, A. H. Hernawan, dan Prihantini. ( 2022 ). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. 6(4), 6313-6319.
Ruhyadi , S. G. S. A., A. Abdurahman., dan M. Binasdevi. ( 2022 ). Implementasi model project based learning ( PJBL ) dalam penerapan kurikulum merdeka beajar di kelas tinggi MI/SD. Jurnal Keislaman , kemasyarakatan , dan Pendidikan ( Al-Ibanah ). 7 ( 1 ), 1 - 9.
Saraswati, D. A., D. N. Sandrian, I. Nazulfah, N. T. Abida, N. Azmina, R. Indriyani, S. Suryaningsih, Usman, dan, L. D. Lestari. ( 2022 ). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA. 12(2), 185-191.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
All right reserved