KEVALIDAN MULTIMEDIA BUKU DIGITAL BERBASIS STEM PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN MAKHLUK HIDUP

Ahmad Sainuril Safi’i, Haning Hasbiyati, Siti Roudlotul Hikamah

Abstract


Tujuan pada penelitian ini, yaitu : Mengembangkan multimedia buku digital berbasis STEM pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup, Mengetahui kevalidan multimedia buku digital berbasis STEM pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup. Multimedia buku digital ini ditujukan pada siswa SMP kelas VII. Jenis dari penelitian ini berupa Research and Development (R&D), menggunakan metode plomp dengan 3 tahap yaitu dimulai dengan tahap analisis, dilanjutkan dengan tahap desain dan pengembangan prototipe; dan di akhiri dengan tahap evaluasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode kombinasi perpaduan antara metode kuantitatif yang berasal dari lembar validasi dan metode kualitatif yang berupa kritik dan saran. Hasil tahap evaluasi validasi dari ahli materi mendapat nilai rata-rata 81,71 dan validasi dari ahli media mendapat nilai rata-rata 81,28, nilai tersebut termasuk kedalam kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut maka multimedia buku digital berbasis STEM pada materi sistem organisasi kehidupan makhluk hidup dinyatakan sangat valid. Pada hasil tersebut menunjukkan buku digital siap diujikan terhadap sekolah melalui penelitian lanjutan untuk menguji efektifitasnya.

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Anto, P., Andrijanto, M. S., & Akbar, T. (2017). Perancangan Buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia sebagai Media Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Desain, 4(02), 92. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i02.1131

Aprillinda, M. (2019). Perkembangan Guru Profesional Di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 600–608.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Asyrofi, M., Hikamah, S. R., & Hasbiyati, H. (2018). Pengembangan Media E-Book Dengan Aplikasi Flip Creator Berbasis Pendidikan Konservasi Pada Pembelajaran Biologi. Bioshell, 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 –Bitkom

Hasbiyati, Afidati, N. I., & Haque, A. (2022). Pengembangan Multimedia Buku Digital Materi Pencemaran Lingkungan pada Pembelajaran IPA. Quantum, 13(2), 177–187.

Hasbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Pena Sains, 4(1), 0–5. https://doi.org/10.21107/JPS.V4I1.2775

Hikamah, S. R. (2021). Pengembangan Monograf Satwa Liar Biawak Air Varanus Salvator untuk Memberdayakan Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Kolaborasi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Universitas Negeri Malang.

Iksyam, L. G. N., & Paputungan, I. (2024). Pengembangan Aplikasi Mecha : Layanan Perbaikan Kendaraan Berbasis Smartphone Menggunakan Mvp ( Model View Presenter ) sebagai Design Pattern. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 47–60. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.932

Padang, F. A. L., & Yunus, S. R. (2022). Media Assemblr Edu Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 38–46.

Purnama, S. (2013). Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab. IV(1), 19–32.

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750/2550

Sumaya, A., Israwaty, I., & Ilmi, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Pinrang Application of STEM Approach to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students in Pinrang District. Pinisi Journal of Education, 1(2), 217–223.

Suryadi, S. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Informatika, 3(3), 9–19. https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219

Utami, I. S., Septiyanto, R. F., Wibowo, F. C., & Suryana, A. (2017). Pengembangan STEM-A (Science, Technology, Engineering, Mathematic And Animation) Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Fisika. Al-BiRuNi, 06(April), 67–73. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1581

Yuanita, & Kurnia, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Kelistrikan untuk Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 199–210. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.9046


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All right reserved