Ketahanan Hidup Buruh Peternak Ayam dalam Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gresik

Rizky Nur Ema Liya, Ekna Satriyati

Abstract


Virus Covid-19 muncul sejak 2 tahun terakhir membawa pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Berbagai kebijakan yang dikeluarkan pemerintah nampaknya belum mampu memutus penyebaran virus ini. Sehingga membawa dampak negatif yang cukup signifikan bagi sektor yang terdampak seperti profesi buruh peternak ayam di Desa Munggugebang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Pada masa pandemi banyak permasalahan yang dialami oleh buruh peternakan ayam, salah satunya adalah ketimpangan antara kebutuhan pengeluaran dan pendapatan yang mereka hasilkan. Hal ini diketahui dari membengkaknya kebutuhan rumah tangga sedangkan penghasilan yang didapatkan dari profesi menjadi buruh peternak ayam tidaklah cukup karena mereka mengalami pengurangan gaji dari pemilik peternakan sejak pandemi Covid-19. Untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap harinya para buruh peternak ayam tidak bisa hanya mengandalkan pendapatan dari pekerjaan menjadi buruh. Mereka harus melakukan berbagai upaya dan strategi untuk bisa bertahan hidup serta mencukupi semua kebutuhannya. Pembahasan dalam artikel ini mengupas bagaimana strategi bertahan hidup buruh peternak ayam dengan pengelolaan kebutuhan, memiliki alternatif subsistem dengan memiliki pekerjaan sampingan dan meminta bantuan pada jaringan sosial. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan cara observasi dan wawancara pada informan yang dipilih di lokasi Desa Munggugebang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Hasil analisis memaparkan strategi bertahan hidip yang dilakukan buruh peternak ayam dengan melakukan berbagai macam strategi.

Full Text:

192-207

References


Ahimsa, Heddy Shri.2003.”Ekonomi moral,rasional, dan politik dalam industri kecil di Jawa:Esei-Esei Antropologi Ekonomi”.Yogyakarta.Kepel Press.

Kusnadi.2000.”Nelayan Adaptasi dan Jaringan Sosial”.Bandung:Humaniora Utama Press.

Resmi, Setia.2005.Gali Lubang Tutup Lubang itu Biasa: Strategi Buruh Menanggulangi Persoalan Dari Waktu Ke Waktu.Bandung:Yayasan Akatiga.

Ritzer,George.2012.”Sociological Theory From Modern to Postmodern/ terjemahan, Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern”.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Scott, James C. 1994. “The Moral Economy Of The Peasant Rebellion and Subsistence in Southeast Asia/ terjemahan, Moral Ekonomi Petani: Pergolakan dan Subsistensi di Asia Tenggara”. Jakarta: Lpp3es.

Subair, Nurlina.2018.Strategi Bertahan Hidup Perempuan Kepala Rumah Tangga Miskin. Makassar:AGMA.

Suharto,E.2009.”Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonesia”.Bandung:Alfabeta.

Susilawati, Nora.2003.Sosiologi Pedesaan Bahan Ajar.Padang:UNP.

Jurnal

Azamfirei, R.2020.”The 2019 Novel Coronavirus: A Crown Jewel Of Pandemics?.USA:The Journal Of Critical Care Medicine .

Dovers, S.R & Handmer, J.W.1992.``Uncertainty Sustainability and Change”. Global Environmental Change. Vol.2 No.4

Herliandry, Luh Devi dkk.2020.”Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19”.Vol.22.No.1.Jakarta:Universitas Negeri Jakarta.

Iskandar, Azwar dkk.2020.”Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19”.Vol.7 No.7.Makassar:Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA).

Izzati, RA.2020.”Estimasi Dampak Pandemi Covid-19 Pada Tingkat Kemiskinan di Indonesia”. Diunduh pada tanggal 11 Agustus 2021. Tersedia dari: https://www.smeru.or.id/id/content/estimasi-dampak-pandemi-covid-19-pada -tingkat-kemiskinan-di-Indonesia.

Kurniasih, Erni Pacar, 2020.”Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak”.Pontianak:Universitas Tanjungpura.

Ma’arif, Syamsul & Rahmawati Dyah.2015.”Strategi Menuju Masyarakat Tangguh Bencana Dalam Perspektif Sosial”.Yogyakarta:Gajah Mada University Press.

Mulyono, Murtiah Joko.2019.”Strategi Bertahan Hidup Petani Tadah Hujan Dusun Kwanyar Klabang Bondowoso”.Vol VIII No.1.Jember:Universitas Jember.

Prastya, Agung & Hidayat, Dasrun.2020. “Pengalaman Pekerja Informal Di Tengah Pandemi Covid-19 di Kota Bandung”. Vol 2 No.2. Bandung: Universitas Adhi Rajasa Reswara Sanjaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.