Hubungan Penerimaan Diri Orang Tua Terhadap Pengasuhan Anak

Luluk Mamluah, Netty Herawati

Abstract


Penerimaan orang tua terhadap anak sangat penting untuk membantu dalam tumbuh kembang anak lebih optimal. Tentu saja akan berdampak pada pengasuhannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerimaan orang tua terhadap pengasuhan anak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden 30 orang, yang memiliki kriteria mereka yang memiliki anak dalam masa tumbuh kembang usia SD. Data dikumpulkan neggunakan skala dari Likert yang terdiri dari skala penerimaan orang tua dan skala pengasuhan. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) = 0,522 dengan signifikansi <0,05. Korelasi positif dan signifikan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penerimaan orang tua maka semakin baik dalam pengasuhan.

Keywords


Penerimaan Orang tua, pengasuhan, tumbuh kembang anak.

Full Text:

PDF

References


Amkas, K. (2024). Masih Banyak Orang Tua Minder Punya Anak Disabilitas. VOA. https://www.voaindonesia.com/a/masih-banyak orang-tua-minder-punya-anak disabilitas/7708593.html.

Ansori, A. N. Al. (2020). Penerimaan Orangtua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus akan Memudahkan Proses Perkembangannya. Liputan https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4431590/penerimaan-orangtua terhadap-anak-berkebutuhan-khusus-akan-memudahkan-proses perkembangannya

Ayu, F. &. (2022). Gambaran Penerimaan Diri pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SLB Negri Banda Aceh. Jurnal Sosial Library, 99-103.

Azzahra, A. A., Shamhah, H., Kowara, N. P., & Santoso, M. B. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37832 (JPPM), 2(3), 461.

Baumrind, D. 1991. The Inflience of parenting style on Adelescent Competence and Subtance use. The Jurnal of Early Adolescence, 11(1), 59-95

Brown, J. (2019). Self-Acceptance and Parenting: An Empirical Study. Journal of Child Psychology.

Fadhilah, R. N. (2018). Hubungan antara pola asuh orangtua yang sama-sama bekerja dengan perkembangan kepribadian anak usia 4-6 tahun. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 51. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2794

Faradina, N. (2017). Penerimaan Diri pada Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Psikoborneo, 4(1), 18–23.

Gumilang, R. M., & Irnawati, I. (2022). Dimensi Budaya Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Abk). Pusaka, 10(1), 110–124. https://doi.org/10.31969/pusaka.v10i1.668.

Gusrianti, E., Winarni, T. I., & Faradz, S. M. (2018). Factors Affecting Parents’ Acceptance towards Children with Familial Intellectual Disability (ID). Journal of Biomedicine and Translational https://doi.org/10.14710/jbtr.v4i2.3659 Research, 4(2), 45.

Hamdani, R. (2019). Pengaruh Tipe Pola Asuh dan Penerimaan Sosial Terhadap Perilaku Merokok Pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 241–249. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4779.

Haswar, N. N., Siahaan, F. M. M., & Safitri, S. (2020). The Relationship Between Parental Acceptance and Socio-Emotional Skills in Elementary School Students With a Physical Disability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 494(Iciap 2019), 497–506. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201125.042.

Herawati, n. (2012). faktir-faktor yang berpengaruh terhadap kkebahagiaan pasangan pada masyarakat madura. jurnal ilmiah universitas trunojoyo madura, 43-51.

Huntsinger, C. S., & Jose, P. E. (2019). Relations Among Parental Acceptance and Control and Children’s Social Adjustment in Chinese American and European American Families. Journal of Family Psychology, 23(3), 321–330. https://doi.org/10.1037/a0015812

https://www.tribunnews.com/regional/2017/12/07/malu-ratusan-anak-berkebutuhankhusus-di-surabaya-sengaja-disembunyikan

https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-dari-pengaduanke-kpai-tahun-2023

Kennedy, H. (2018). How adults change from facilitating youth participatory action research: Process and outcomes. Children and Youth Services Review, 94(June), 298–305. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2018.10.010.

Kurniawan, S., Mulyana, D., & Mulyana, B. (2021). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Pola Asuh Pelatih dengan Motivasi Berprestasi Olahraga dalam Cabang Olahraga Bola Basket. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 13(2), 109–118. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v13i2.39268.

Mak, H. W., & Schneider, S. (2020). Individual differences in momentary pain-affect coupling and their associations with mental health in patients with chronic pain. Journal of Psychosomatic Research, 138(November 2019), 110227. https://doi.org/10.1016/j.jpsychores.2020.110227.

Miyati, D. S., Rasmani, U. E. E., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Kumara Cendekia, 9(3), 139. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50219.

Panjaitan, S. R. (2024). Pengasuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Salatiga: Yayasan Rumah Anak Mandiri.

Ratag, D. C. (2019). Penerimaan Diri Orang Tua dan Keberfungsian Keluarga yang Memiliki Anak Down Syndrome. Psikoborneo, 557-565.

Rostiana, I., Wilodat, W., & Alya, M. N. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Motivasi Anak Untuk Bersekolah Di Kelurahan Sukagalih Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i2.1525 Sosietas, 5(2).

Setyaningsih, L. (2021). Pentingnya Penerimaan dan Keikhlasan Orang Tua saat Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. Wartakota https://wartakota.tribunnews.com/2021/02/05/pentingnya-penerimaan-dan keikhlasan-orang-tua-saat-memiliki-anak-berkebutuhan-khusus

Live.

Sholikhah, M. (2022). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA

DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN.

Insan Cendekia, 9, 356–363.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: CV. Alfabeta

Tilki, E., & Epli, H. (2022). the Relationship Between Adolescents’ Parental Acceptance-Rejection Perceptions and Internet Addiction. European Journal of Education Studies, 9(3), 14–31. https://doi.org/10.46827/ejes.v9i3.4191

Voluntir, F., & Alfiasari, D. (2014). Penerimaan Orang Tua Menentukan Lingkungan Pengasuhan Keluarga Dengan Anak Remaja Di Wilayah Suburban Parental Acceptance Determines Environmental Parenting of Families With Adolescence in the Suburban Area. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(4), 294–306.

Wiguna, R. (2022). Miris: Banyak orang tua di Aceh Tamiang Malu Punya Anak Disabilitas, Tidak Dimasukkan dalam KK. Serambi

https://aceh.tribunnews.com/2022/07/18/miris-banyak-orang-tua-di-acehtamiang-malu-punya-anak-disabilitas-tidak-dimasukkan-dalam-kk

News.

Zulkarnain, Z., Amiruddin, A., Kusaeri, K., & Rusydiyah, E. F. (2023). Analisis Komparasi Pola Pengasuhan Anak di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4269 Dini, 7(5), 6399–6414.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Luluk Mamluah, Netty Herawati