Online Disinhibition Effect dan Cyberbullying Pada Pengguna Media Sosial

Nursa'ba nia

Abstract


Perbedaan perilaku yang ditampilkan ketika di dunia nyata dengan dunia maya merupakan fenomena yang sudah banyak ditemui saat ini. Online disinhibition effect merupakan kondisi ketika individu lebih nyaman mengekspresikan dirinya ketika berada di dunia maya. Penyalahgunaan media sosial dapat menyebabkan seseorang melakukan perilaku negatif seperti cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang online disinhibition effect dan cyberbullying pada pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan kajian literatur untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil menunjukkan bahwa online disinhibition effect berkaitan dan memiliki pengaruh terhadap cyberbullying pada pengguna media sosial.

Keywords


online disinhibition effect; cyberbullying; media sosial

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, S.R. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi cyberbullying pada remaja. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 398-403

Aini, K., & Apriana, R. (2018). Dampak cyberbullying terhadap depresi pada mahasiswa prodi ners. Jurnal Keperawatan, 6(2), 91-97

APJII (2021). Survei penetrasi internet Indonesia 2024. https://survei.apjii.or.id/survei/group/9

Farikhah, L. (2021). Pengaruh kecerdasan emosi dan online disinhibition effect terhadap perilaku cyberbullying pada mahasiswa fakultas psikologi angkatan 2017 & 2018 UIN Malang (Skripsi). Fakultas Psikologi, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang

Khairunnisa, R., & Alfaruqy, M.Z. (2022). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan cyberbullying di media sosial twitter pada siswa SMAN 26 Jakarta. Jurnal Empati, 11(4), 260-268. doi: 10.14710/empati.0.36471

Mutma, F. S. (2019). Deskripsi pemahaman cyberbullying di media sosial pada mahasiswa. Jurnal Komunikasi, XIII(02), 165-182

Ni’mah, S.A. (2023). Pengaruh cyberbullying pada kesehatan mental remaja. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Bahasa dan Budaya (SEBAYA) ke-23 tahun 2023

Putri, M.T.R. (2023). Hubungan online disinhibition effect dengan cyberbullying pada remaja penggemar K-Pop (Skripsi). Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, Padang

Syakira, A.A., Rangkuti, R.P., & Yurliani, R. (2024). The effect of moral disengagement and online disinhibiiton effect on cyberbullying in adolescent social media users. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 43(1), 347-353

Suler, J. (2004). The online disinhibition effect. CyberPsychology & Behavior, 7(3), 321-326

Smith, P., Mahdavi, J., Carvalho, M., Fisher, S., Russell, S., & Tippett, N. (2008). Cyberbullying: its nature and impact in secondary school pupils. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 49(4), 376-385. doi: 10.1111/j.1469-7610.2007.01846.x

Wang, L., & Ngai, S.S. (2020). The effects of anonymity, invisibility, asynchrony, and moral disengagement on cyberbullying perpetration among school-aged children in China. Children and Youth Sevices Review, 119, 105613. doi:10.1016/j.childyouth.2020.105613

We Are Social (2024). Digital 2024: 5 bilion social media users. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/

Willard, N.E. (2007). Cyberbullying and Cyberthreats: responding to the challenge of online social aggression, threats, and distress. Research Press

Zahrotunnisa, A., & Hijrianti, U.R. (2019). Online disinhibition effect dan perilaku cyberbullying. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nursa'ba nia