Job-Education Mismatch: Fenomena Persiapan Karir Siswa
Abstract
Kajian ini memperluas literatur mengenai konsekuensi dari job-education mismatch. Ini adalah studi pertama yang dilakukan yang secara eksplisit mengkaji mengenai fenomena job-education mismatch untuk kelanjutan studi mengenai orientasi karir yang akan dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Atas atau setara. Kajian dilakukan dengan metode literatur review yang ingin mengungkapkan dampak fenomena job-education mismatch yang terjadi di lingkup pekerjaan, dan diharapkan mampu memberikan saran rekomendasi pencegahan meluasnya fenomena dengan persiapan karir pada siswa. Peneliti membatasi cakupan tahun penelitian dipublikasikan yaitu dalam 5 tahun terakhir (2019-2024). Kata kunci yang digunakan mulai dari (1) Job-Education Mismatch; (2) Ketidaksesuaian Pendidikan dan Karir. Hasil menunjukkan bahwa dampak dari job-education mismatch adalah rendahnya motivasi kerja, performansi kerja, kepuasan kerja, tingginya tingkat turnover dan pengangguran, ketiadaan persiapan karir, dan perbedaan upah. Strategi yang dapat dilakukan guna menganggulangi atau mengantisipasi fenomena job-education mismatch adalah dengan melakukan kolaborasi antara industri dan sekolah, link and match, pengembangan keterampilan melalui pelatihan, dan meningkatkan softskill siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfata, A., Malihah, E., & Andari, R. (2022). Linked and Match: Pembelajaran Incentive Tour dan Kebutuhan Industri Mice. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4649-4656.
Chaudhry, M. A., Khalid, R., & Özcan, R. (2022). Determinants Of Job Mismatch Among Graduates: A Case Study Of Clerical Workers At Lahore, Pakistan. Akademika.
Ernas, S. (2024). Over-Education Rates And Predictors Of Entry-Level Jobs In Türkiye. International Journal of Assessment Tools in Education.
Ginting, C. Y., Elfindri, E., & Kamarni, N. (2024). Qualification Mismatch And Its Impact On Wages Of Workers In Indonesia: Heckman Two Step Method. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 21(2), 254-263.
Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.
Lomban, F. C., & Saerang, D. P. (2016). Exploring The Relation Between Educational Background-Job Mismatch And Employee Performance At BNI Regional Office Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2).
Melnik, A.D., Sudakova, A.E., & Antonova, N.L. (2024). Choosing A Starting Professional Trajectory: Job-Education Mismatch Effect. The Education and science journal.
Ridwan, D., & Dwiyanti, V. (2024). Missmatch Industri Dan SMK: Fenomena SMK Penyumbang Angka Pengangguran Tinggi. Journal Innovation In Education, 2(1), 196-204.
Saputra, A. V. (2014). Analisis Kesesuaian Pendidikan (S1) Dan Pekerjaan Yang Didapatkan Di Kota Malang (Perilaku Sarjana Fresh Graduate Memperoleh Pekerjaan Pertamanya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1).
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41.
Widyastuti, T., & Ratnaningsih, I. Z. (2020). Hubungan antara person job-fit dengan kepuasan kerja pada karyawan kantor pusat Bank Jateng Semarang. Jurnal Empati, 7(3), 907-913.
Wen, L., Maani, S.A., & Dong, Z. (2023). Educational Job Mismatch, Job Satisfaction, On-The-Job Training, And Employee Quit Behaviour: A Dynamic Analytical Approach. Applied Economics, 55, 6605 - 6626.
Yonanda, A. P., & Usman, H. (2023). Determinan Status Horizontal Mismatch pada Pekerja Lulusan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ketenagakerjaan, 18(2), 142-157.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Vidya Nindhita, Ni Putu Rizky Arnani