Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar
Abstract
Perkembangan moral anak usia sekolah dasar merupakan aspek penting yang membentuk karakter dan kepribadian anak dalam jangka panjang. Periode sekolah dasar adalah masa kritis dimana anak-anak mulai mengenali dan menginternalisasi nilai moral dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor utama yang memengaruhi perkembangan moral anak usia sekolah dasar yang dengan kriteria kelas 4 dan kelas 5sekolah dasar di Bangkalan, Jawa Timur, dengan fokus pada peran komunikasi keluarga, lingkungan sosial, dan metode pengajaran berbasis dongeng. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei pada siswa sekolah dasar di wilayah Bangkalan, Jawa Timur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keluarga dan lingkungan sosial sangat berperan dalam pembentukan moral anak, sementara metode dongeng berpotensi meningkatkan pemahaman moral secara efektif. Penelitian iniberkontribusi dalam memperkaya pendidikan karakter dan menawarkan pendekatan praktis dalam pendidikan moral.
Kata kunci: Perkembangan Moral Anak Sekolah Dasar, Keluarga, LingkunganSosial, Dongeng
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, R. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 45-56.
Astuti, D. (2019). Peran Komunikasi Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Moral Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 12-20.
Deti, S., & Lestari, T. (2021). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), (1696-1699).
Gunawan, A., & Putri, R. (2021). Strategi Pembelajaran Moral pada Anak Usia Dini melalui Cerita dan Dongeng. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 22-31.
Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. JIPSINDO, 6(2)
Hidayat, M. (2020). Degradasi Moral Generasi Muda di Indonesia. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 65-72.
Irawan, A., & Putri, M. (2021). Pengaruh Pembiasaan dan Pengajaran Nilai Moral Terhadap Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 50-60.
Kohlberg, Lawrence. (1997). Tahap-tahap Perkembangan Moral. Jakarta: Kanisius. Kohlberg. Lawrence, Tahap-Tahap Perkembangan Moral. (terj. John de Santo & Agus Cremers), Yogyakarta: Kanisius, (1995).
Kurnia, I., & Pratama, D. (2021). Efektivitas Metode Dongeng Terhadap Peningkatan Pemahaman Nilai Moral pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter Indonesia, 4(3), 50-60.
Masganti, (2010), Perkembangan Peserta Didik, Medan: Perdana Publishing Nurdyansyah, N. (2018). Peningkatan Moral Berbasis Islamic Math Character.
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Nurgiyantoro, B. (2005). Tahapan perkembangan anak dan pemilihan bacaan sastra anak. Yogyakarta State University.
Pratama, A., & Rahman, T. (2020). Pengaruh Komunikasi Guru dan Siswa dalam Membangun Karakter Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 30-40.
Putri, L. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 9(2), 100-115.
Rosidah, C. T., Rusminati, S. H. (2017). Mendongeng Sebagai Media Menumbuhkan Karakter dan Nilai Budaya Bangsa pada Siswa Sekolah Dasar. Pigur: Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 40–50.
Rukiyah. (2018): “Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya.” Anuva. Vol 2 No 1. Hal 99-106.
Santoso, F., & Kurniawati, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Moral di Lingkungan Sekolah terhadap Sikap Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Moral Indonesia, 5(2), 65-75.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence (perkembangan remaja). Jakarta: Penerbit Erlangga. Sari, N., & Yusuf, D. (2021). Dampak Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(3), 120-130.
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA.
Yusuf, H., & Rahman, M. (2021). Efektivitas Metode Dongeng dalam Pembelajaran Nilai Moral pada Anak. Jurnal Psikologi dan Pendidikan Anak, 7(1), 33-44.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Puji Restu Aditiya