Praktik Mindfulness di Sekolah Dasar: Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Peserta Didik dan Kesuksesan Akademik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak praktik mindfulness terhadap kesejahteraan emosional dan kesuksesan akademik peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara semi-terstruktur dan observasi langsung terhadap 15 peserta didik di dua sekolah dasar di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 12 dari 15 peserta didik mengalami peningkatan signifikan dalam kesejahteraan emosional, termasuk kemampuan mengelola kecemasan dan frustrasi. Selain itu, nilai rata-rata ujian peserta didik meningkat sekitar 9-10% setelah mengikuti program mindfulness selama satu semester. Observasi juga menunjukkan peningkatan keterampilan sosial, seperti kemampuan bekerja sama dan mendengarkan teman sekelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik mindfulness dapat berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan emosional, keterampilan sosial, dan prestasi akademik peserta didik di sekolah dasar. Namun, penelitian ini terbatas pada jumlah sampel yang kecil dan durasi program yang relatif singkat. Penelitian lanjutan dengan sampel lebih besar dan durasi yang lebih panjang dianjurkan untuk memahami manfaat mindfulness secara lebih mendalam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aat Sriati, Taty Hernawaty, Annisa Khaerera, Fitri Aulia, Yolanda, Y., Siti Rahmawati, & Nandi Prima Yuda. (2022). Intervensi Mindfulness Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Pasien Penyakit Kronis: Narrative Review. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(3), 953–962. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i3.4032
Absyar, W. M., Khoiroh, A., & Wati, I. (2024). Mindfulness Terbimbing Sebagai Metode Katarsis Dalam Layanan Konseling (Studi Kasus di SMAN 1 Lumajang). Isyrofuna: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 1(1), 23–33.
Artati, K. B., & Herdi, H. (2023). Psychological Well-Being Peserta Didik Sekolah Dasar Dan Implikasinya Terhadap Program Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(2), 261. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.11412
Aziz, R. (2015). Aplikasi Model RASCH dalam Pengujian Alat Ukur Kesehatan Mental di Tempat Kerja. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(2), 29. https://doi.org/10.18860/psi.v12i2.6402
Endang, F. R. A. L. T. S. F. (2016). Hubungan Mindfulness dan Kualitas Hidup Orang Dewasa. Prosiding Forum Ilmiah Psikologi Indonesia (FIPI), 1, 1–12.
Freska, W., & Fernandes, R. (2023). Resiliensi Korban Bullying Remaja. CV. Mitra Edukasi Negeri.
Harahap, A. R. H. (2024). Membangun Suasana Belajar Yang Nyaman Dan Aman: Peran Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa …. International Journal of Education, Conseling and …, 1(2).
Hendrilia, Y., Fauzi, M. S., Ayu, D. H., Amahoru, A., & Fitriana, S. (2024). Peran Kecerdasan Emosional (EQ) Dalam Pembelajaran: Studi Literatur Dari Perspektif Psikologi Pendidikan. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 4(2), 617–626.
Ikarani, A. (2024). Kesehatan mental dan lingkungan sekolah menciptakan sekolah yang aman dan mendukung. Psikologi, 1(4), 1–15.
Khunafah, Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar, dan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sdn Di Desa Bangeran Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Vol.23 No.(2), 112–125.
Malboeuf-Hurtubise, C., Taylor, G., Lambert, D., Paradis, P. O., Léger-Goodes, T., Mageau, G. A., Labbé, G., Smith, J., & Joussemet, M. (2024). Impact of a mindfulness-based intervention on well-being and mental health of elementary school children: results from a randomized cluster trial. Scientific Reports, 14(1), 15894. https://doi.org/10.1038/s41598-024-66915-z
Mulyasa, H. (2021). Menjadi Guru penggerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara. Munandar, A.(2017). In … dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema …. Bumi Aksara.
Mustakim, Z. (2022). Manajemen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam: Urgensi Kepemimpinan Interharmoni di Era Disrupsi. Penerbit NEM.
RACO, J. R. (2010). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Sanjiwani, A.A.S., Sari, N.L.K.R., Anggreni, N. W. . (2023). Pendekatan Mindfulness dalam Menjaga Kesehatan Mental. Penerbit NEM.
Saputri, A. R. (2017). Hubungan Tingkat Stress, Kecemasan dan Depresi dengan Tingkat Prestasi Akademik pada Santri Aliyah di Pondok Pesantren Darul Ihsan TGK. H. Hasan Krueng. In Skripsi (p. 98). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017.
Sari, A. T. (2023). Implementasi Mindfulness Remaja Korban Bullying di Panti Asuhan daerah Surakarta. In International Journal of Technology (Vol. 47, Issue 1, p. 100950). UIN Surakarta.
Setiyawan Panna. (2023). Pengaruh Meditasi Sebelum pembelajaranTerhadap Kemampuan Menangani Stres Akademi Peserta Didik Agama Buddha Di Smp Negeri 1 Kaloran Tahun Pelajaran 2023 (pp. 1–11). Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga.
Tazkia, H. A., & Damayanti, A. (2024). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dasar di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.557
Trisoglio, A. (2013). Mindfulness & Leadership. In Mobius Executive Leadership. Penerbit NEM.
Widia darma. (2020). Manajemen Kelas Berbasis Mindfulness. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i1.121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 moh sholeh sholeh