Implementation of Relevant Costs in Tactical Decision Making: A Case Study of Accepting or Rejecting Special Orders at UD Ika Bakery

Fitria Anggun Tri Aulia, Lusy Rahmawati, M Prayoga Budi Santoso, Mochamad Reza

Abstract


Management is often faced with several alternative short-term decisions related to business continuity, which can be referred to as tactical decisions. Increasingly competitive competition also requires management to make the best decisions that can benefit the company. UD Ika Bakery, as a business engaged in the food industry, is also faced with making tactical decisions in the form of accepting or rejecting special orders. This study aims to determine the application of relevant costs in making tactical decisions at UD Ika Bakery. The method used in this research is descriptive-qualitative, with primary data obtained by conducting direct interviews with the owner of UD Ika Bakery. Based on the results of the data processing obtained, UD Ika Bakery still does not apply relevant cost calculations to tactical decision-making. However, UD Ika Bakery has decided to accept special orders from consumers because it can increase the profit by up to 48% based on the relevant cost method. The decision is also supported by the existence of idle capacity in the bread production process at UD Ika Bakery.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, K., 2013. Akuntansi Manajemen: Dasar-Dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. Jakarta: Raja Grafindo.

Alfaried, M., Fauzi, A., Syahirah, P. & Adjie, S., 2023. PERAN DAN FUNGSI BIAYA RELEVAN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PESANAN KHUSUS. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, pp. 134-143.

Arizah, A., 2019. ANALISIS BIAYA RELEVAN : MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS DI PT. AQUAMAS INDAH. AkMen JURNAL ILMIAH, Volume 16, pp. 83-93.

Budiyanti, H., Narsa, I. M. & I., 2017. Akuntansi Manajemen. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Creswell, J. W. & Guetterman, T. C., 2019. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 6 ed. London: Pearson.

Emor, C.F., 2019. Analisis Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan Membeli atau Mempertahankan Aktiva Tetap pada PT. Jor Gabrindo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Erlis, F., 2016. Penggunaan Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan Taktis: Studi Kasus pada Popeye Fried Chicken di Jl. Adi Sucipto no 80 Surakarta.

Firmansyah, D., Saepuloh, D. & Susetyo, D. P., 2020. Akuntansi Manajemen. 1 ed. Tangerang: PT. Bidara Cendekia Ilmi Nusantara.

Hariyani, D. S., 2018. Akuntansi Manajemen. Malang: Aditya Media Publishing.

Hidayat, R., 2014. Analisis Penerapan Biaya Relevan dalam Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada UD. Rezky Bakery. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(4).

Macpal, O. and Ilat, V., 2014. Analisis Biaya Relevan Untuk Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada UD. Sinar Sakti. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Mandagi, W.C., Saerang, D.P. and Pusung, R.J., 2014. Analisis biaya relevan dalam pengambilan keputusan menjual atau memproses lebih lanjut produk pada PT. Fortuna Inti Alam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(2).

Martini, R., Thoyib, M. and Yulita, Y., 2020. Penerapan Perhitungan Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan Pesanan Khusus. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(1), pp.9-15.

Maryati, U., Putri, K. & Mustika, R., 2020. Proses Pengambilan Keputusan Taktis: Studi Kasus Harian Umum X. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, Volume 22, pp. 184-194.

Maryati, U., Putri, K., Yentifa, A. & Rissi, D. M., 2020. Analisis Pengambilan Keputusan Taktis: Tetap Mempertahankan Koran Cetak atau Mengganti ke Media Online. Akuntansi dan Manajemen, Volume 15, pp. 1-17.MAHARDHIKA SURABAYA).

Mowen, M. M., Hansen, D. R. & Heitger, D. L., 2017. Dasar-Dasar Akuntansi Manajerial. 5 ed. Jakarta: Salemba Empat.

Oemar, F. and Oktavian, D., 2019. Analisis Penerapan Biaya Relevan Dalam Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada Perusahaan Meubel CV. Citra Jati Jepara. Jurnal Akuntansi Kompetif, 2(1), pp.23-28.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 26 ed. Bandung: Alfabeta.

Tatik, T., 2021. Analisis Pengambilan Keputusan Taktis Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah) Di Masa Pandemi Covid’19. Relasi: Jurnal Ekonomi, 17(1), pp.165-180.

Wibowo, A., 2013. Analisis Biaya Relevan untuk Pengambilan Keputusan Mempertahankan atau Menghentikan Segmen Perusahaan pada CV. Podo Kumpul. Jurnal Ilmiah Akuntansi, pp.1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________________________________________________

Departement of Management ECONOMY AND BUSINESS FACULTY - UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Jl. Raya Telang PO BOX 2 Kamal - Bangkalan, 69162 - Jawa Timur