Interest in Savings of Mudharabah Deposit at Bank Sampang : Linear Regression Analysis Approach
Abstract
This study aims to determine the effect of promotion and profit sharing on people's interest in saving at Sampang Bank with customer knowledge as a mediating variable. Data was collected by distributing questionnaires to Bank Sampang customers. This type of research uses quantitative research methods. To determine the sample from the population, Isaac and Michael's table can be used with infinite N with an error rate of 10% with a value of s = 272. Considering that it is not known how many mudharabah deposit customers are at Bank Sampang. The data obtained then using the IBM SPSS Statistic 20 tool. This analysis includes reliability test, validity test, classical assumption test, statistical test and hypothesis testing using multiple linear regression.
The results of this study indicate that the variables of promotion, profit sharing and knowledge have a significant effect on people's interest in saving at Bank Sampang as evidenced by the F test or hypothesis. Based on the results of the calculation of data analysis by showing that the calculated F value of 21, 387 is greater than the F table of 2.70 with Sig. ie 0.000 is smaller than 0.05 then there is a significant effect simultaneouslyFull Text:
PDFReferences
Book
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Ascarya. 2012. Akad & Produk Bank Syariah. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Azzam, Abdul Aziz Muhammad. 2010. Fiqh Muamalat Sistem Transaksi Dalam Islam, Terj. Nadirsyah Hawari. Jakarta: Amzah.
Bungin, Burhan. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Darmawan, Deni. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Sarjono, Haryadi dan Winda Julianita. 2013. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi Untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat
Servila, Consuelo G. et. al. 1993. Pengantar Metode Ilmiah, Terj. Alimuddin Tuwu. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia/UI-Press.
Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.
Siregar, Syofian. 2015. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumardi. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Suryani, Tatik. 2012. Perilaku Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Jurnal Dan Skripsi
Afiatin Nisa. 2015. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial”. Jurnal Kerangka Teoritik Vol. 2 No. 1.
Agus Marimin, Abdul Haris Romdhoni, Tira Nur Fitria. 2015. “Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia”. Jurnal Perbankan Syariah Vol. 01, No. 02.
Dr. Mahyarni. 2013. “Theory of Reasoned Action Dan Theory of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis Tentang Perilaku)”. Vol. 4, No. 1.
Engkus. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi”. Vol. 5, No. 2.
Febrianawati Yusup. 2018. “Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif” . Vol. 7, No. 1.
Fregrace Meissy Purnaawijaya. 2019. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kedai 27 Di Surabaya”. Vol. 7, No. 2.
Garaika, Winda Feriyan. 2018. “Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilik Perguruan Tinggi Swasta”. Jurnal Kerangka Teoritik. Vol. 16, No. 1.
Hendri dan Roy Setiawan. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Samudra Bahari Utama”. Jurnal Instrumen Penelitian Vol. 5, No. 1.
Hutomo Rusdianto, Chanafi Ibrahim. 2016. “Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating Di Pati”. Vol. 4, No. 1.
Ida Maslakhah, Sutopo. 2017. “Pengaruh Kemasan Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Citra Merek Serta Preferensi Merek Di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Mahasiswa/i Undip Konsumen AQUA)”. Vol. 6, No. 4.
Iin Soraya. 2015. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta Dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City”. Vol. 6., No. 1.
Iriani Indri Hapsari & Herdiyan Maulana. 2013. “Pengukuran Minat Mahasiswa Berdasarkan Teori Holland”. Vol. 27, No. 2.
Mawardi. 2018. “Pengaruh Promosi Tabungan Bank SumselBabel Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kota Palembang”. Jurnal Perbankan Syariah Vol. 4, No. 1.
Maisur, Muhammad Arfam, M. Shabri. 2015. “ Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Religiusitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah Di Banda Aceh”. Jurnal Perbankan Syariah Vol. 4, No. 2.
Mega Sriningsih, et. al. 2018. “Penanganan Multikolinearitas Dengan Menggunakan Analisis Regresi Komponen Utama Pada Kasus Impor Beras Di Provinsi Sulut”. Jurnal Instrumen Penelitian Vol. 18 No. 1.
Mutiara Hikmah. 2007. “Fungsi Bank Indonesia Sebagai Pengawas Perbankan Di Indonesia”. Vol. 3, No. 4.
Nazaruddin Aziz dan Vito Shiga Hendrastyo. 2019. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bank Syariah Cabang Ulak Karang Kota Padang”. Jurnal Perbankan Syariah Vol. 03, No. 03.
Novita Erliana Sari, Nik Amah, Yahya Eka Wirawan. 2017. “Penerapan Prinsip Bagi Hasil Daan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menabung Pada Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun”. Jurnal Perbankan Syariah Vol. 5, No. 2.
Puriska Simanjuntak. 2019. “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Inspektur Penerbangan Di Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II”. Jurnal Instrumen Penelitian Vol. 9, No. 2.
Ragil Retnaningsih. 2016. “Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Alat Pelindung Telinga DenganPenggunaannya Pada Pekerja Di PT.X ”. Jurnal Kerangka Teoritik Vol. 1, No. 1.
Setia Budhi Wilardjo. 2004-2005. “Pengertian, Peranan, Dan Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia”. Jurnal Perbankan Syariah Vol. 2, No. 1.
Sunardi. 2015. “ Pengetahuan Konsumen Dan Keputusan Menjadi Nasabah (Kasus BSM Ka.Cab Pembantu BSD Tangerang Selatan)”. Vol. 06, N0. 2.
Syardiansah. 2016. “Hubungan Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi Kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II)”. Jurnal Kerangka Teoritik Vol.5, No.1.
Tatik Budiarti, M. Bukhori. 2017. “Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Variabel Intervening Komitmen Organisasi Pada CV. Auto 99 Malang”. Jurnal Pengertian Konsep Dan Operasional Vol. 11, No. 7.
Tety Fadhila Sena. 2011. “Variabel Antiseden Organizational Citizenship Behavior (OCB)”. Jurnal Hipotesis Vol. 2, No. 1.
Trimulato Trimulato. 2021. “Eksistensi Perbankan Syariah Melalui Dominasi Pembiayaan Profit And Loss Sharing”. Vol.2, No.1.
Edwin Prassetio. 2017. Pengaruh Tingkat Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Tangerang Selatan). Salatiga: IAIN Salatiga.
Erma Ardhiyanti. 2016. Analisis Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa FEBI IAIN Salatiga Pada Bank Syariah. Salatiga: IAIN Salatiga.
Indra Siswanti. 2015. Pengaruh Pengetahuan, Agama, Iklan/Informasi Dan Pengalaman Mahasiswa PAI STAIN Salatiga Tentang Sistem Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Salatiga: STAIN Salatiga.
Imro’atus Solekhah. 2020. Pengaruh Kepercayaan, Pengetahuan Dan Motif Rasional Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Jasa Bank Syariah. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Naili Wahidah. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Produk, Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank BRI Syariah Kcp Ungaran). Salatiga: IAIN Salatiga.
Rahma Bellani Oktavindria Iranati. 2017. Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Tangerang Selatan). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Website
https://sampangkab.bps.go.id/
https://www.bprsbass.co.id/
https://www.ojk.go.id/
DOI: https://doi.org/10.21107/aciel.v1i1.80
Refbacks
- There are currently no refbacks.