Font Size:
PENERAPAN MODEL ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA KONSEP HIDROLISIS GARAM
Last modified: 2022-07-10
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran pembelajaran menggunakan model Advance Organizer untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Model pembelajaran Advance Organizer dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis yang pada konsep hidrolisis. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX IPA SMA Pesantren Cintawana Tasikmalaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Instrumen yang digunakan terdiri atas Lembar Kerja Siswa (LKS), format observasi, tes tulis dengan indikator keterampilan berpikir kritis, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara statistika deskriptif. Berdasarkan analisis hasil LKS diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 86 dengan interpretasi sangat baik. Analisis lembar observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran diperoleh skor rata-rata sebesar 84 dengan interpretasi sangat baik. Hasil tes keterampilan berpikir kritis kelompok tinggi memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,8, kelompok sedang 0,7 dan kelompok rendah 0,5. Hasil angket menyatakan bahwa peserta didik memberi tanggapan positif terhadap pembelajaran menggunakan Advance Organizer untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan skor sebesar 82%.
Full Text:
PDF