Pengaruh Jasa Kurir dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Basecamp Café di Kabupaten Sumenep

Mohammad Hasep Hidayat, Dessy Novitasari Laras Asih

Abstract


Basecamp café merupakan salah satu diantara beberapa kafe di Kabupaten sumenep yang menyediakan jasa kurir selain menyediakan makanan dan minuman. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jasa kurir dan kualitas pelayanan Basecamp Café terhadap kepuasan konsumen. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan karakteristik masalah lapangan (field study). Teknik analisa sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 65 responden. Adapun teknik analisa yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa jasa kurir berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen dan secara simultan jasa kurir dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen Basecamp Café di Kabupaten Sumenep.

Full Text:

PDF

References


Aryandi J., Onsardi. 2020. Terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 1(8), 1–21.

Atmaja J. 2018. Kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63.

Cucu Sumartini L., Fajriany A.T. D. 2019. Analisis kepuasan konsumen untuk meningkatkan volume penjualan kedai kopi kala senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118.

Ferdiansa R. Y., Fatimah F., Gunawan Y. 2022. Pengaruh brand image , harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada jasa pengiriman JNE cabang Tegal Besar. 2020, 73–84.

Qadrianti L. 2021. Partisipasi komunitas jasa kurir terhadap ketahanan ekonomi.

Rohman S., Abdul F. W. 2021. Pengaruh kualitas pelayanan dan ketepatan pengiriman terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman barang Ninja Express di masa pandemi Covid-19. Jurnal Logistik Indonesia, 5(1), 73–85.

Satria N., Josiah T., Kuswarak. 2019. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1),59–68.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. 2019. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Popolo Coffee. Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.