Perilaku Manajemen Keuangan Pelaku UMKM Pesisir Madura: Analisis Pengaruh Impulsive Buying dan Financial Knowledge

Purnamawati -, A. Yahya Suryawinata

Abstract


Salah satu sektor yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah sektor UMKM. Keberadaan UMKM dapat bertahan di kondisi apapun guna tercapainya kesejahteraan masyarakat. Eksistensi UMKM yang semakin meningkat dari tahun ke tahun tidak bisa terlepas dari kendala dan hambatan. Secara umum, kendala yang sering dihadapi oleh para pelaku UMKM ialah ketidakpahaman mereka tentang cara mengelola keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan usaha yang buruk ini menjadi kendala bagi UMKM untuk dapat berkembang. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa impulsive buying dan financial knowledge berpengaruh terhadap perilaku manajemen keuangan pelaku UMKM pariwisata pesisir Madura.

Full Text:

PDF

References


Buana, S. and Patrisia, D. (2021) ‘The Influence of Financial Literacy, Financial Self Efficacy, and Social Economic Status on Financial Management Behavior on Students of the Faculty of Economics, Padang State University’, Financial Management Studies, 1(2), pp. 71–80. doi: 10.24036/jkmb.xxxxxxxx.

Hafni, R. and Rozali, A. (2017) ‘Analisis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (umkm) terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia’, Ilmu Ekonomi dan Studin Pembangunan, 15(2), pp. 77–96. Available at: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ekawan/article/view/1034/pdf_58.

Herdjiono, I. and Damanik, L. A. (2016) ‘Pengaruh Financial Attitude,Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior’, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 9(3), pp. 226–241. doi: 10.20473/jmtt.v9i3.3077.

Kholilah, N. Al and Iramani, R. (2013) ‘Studi Financial Management Behavior Pada Masyarakat Surabaya’, Journal of Business and Banking, 3(1), p. 69. doi: 10.14414/jbb.v3i1.255.

Mahgfiroh, C. R., Susyanti, J. and Wahono, B. (2020) ‘Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior dengan Love of Money sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa-Mahasiswi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Malang)’, e-Jurnal Riset Manajemen, 09, pp. 48–63.

Mubarrok, M. R. (2017) ‘The Effect Of Financial Knowledge And Materialism Towards On College Students Financial Behavior With Impulsive Buying As A Mediator Variable’.

Mulyono, F. (2013) ‘Faktor Demografis Dalam Perilaku Pembelian Impulsif’, 8(1), pp. 92–109.

OJK (2016) ‘Siaran Pers: OJK dan OECD/INFE Melakukan Pemberdayaan UMKM Melalui Literasi dan Inklusi Keuangan’.

Pramedi, A. D. and Haryono, N. A. (2021) ‘Pengaruh Financial Literacy, Financial Knowledge, Financial Attitude, Income dan Financial Self Efficacy terhadap Financial Management Behavior Entrepreneur Lulusan Perguruan Tinggi di Surabaya’, Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), p. 572. doi: 10.26740/jim.v9n2.p572-586.

Rizkiawati, N. L. and Asandimitra, N. (2018) ‘Pengaruh Demografi, Financial Knowledge, Financial Attitude, Locus of Control Dan Financial Self-Efficacy Terhadap Financial Management Behavior Masyarakat Surabaya’, Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(3), pp. 93–103.

Zakiyah, K. (2014) ‘Pengaruh Literasi Keuangan Dan Materialisme Pada Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga Di Surabaya Dengan Impulsive Buying Sebagai Variabel Moderasi’.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.