Analisis Kapasitas Produksi PT Garam Unit Camplong Dalam Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Friskia Yulia Nur Jannah, Khoirul Hidayat, Raden Faridz, Anang Siswanto

Abstract


Persaingan industri yang semakin ketat, menuntut perusahaan agar meningkatkan produktivitas yang tercermin dalam sistem produksi berjalan secara optimal dan efisien, terutama dalam maksimalisasi tercapainya kapasitas yang dirancang. PT Garam merupakan salah satu industri pada bidang pengolahan garam. Salah satu PT Garam yang berada di Unit Camplong ini memiliki desain kapasitas 63.000 ton/tahun atau 10 ton/jam. Namun pada kondisi saat ini, kapasitas yang tercapai hanya 6,7 ton/jam atau sekitar 67%, sedangkan 33% lainnya merupakan idle capacity. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi utilisasi kapasitas terhadap desain pembangunan, sehingga dapat mengetahui kesesuaian utilisasi kapasitas saat ini terhadap desain pembangunan dan mengetahui penyebab atau kendala tidak tercapainya kapasitas 10 ton/jam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan faktor penentu indikator evaluasi dari setiap aspek evalusi pada program utilisasi kapasitas produksi 10 ton/jam.


Full Text:

PDF

References


Abram, S., Palandeng, I.D., Podaag, J., 2018. Analisis Layout Pabrik Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi di PT. Celebes Minapratama Kota Bitung. J. Ekon. dan Pembang. 6, 1488–1497.

Ambiyar, Muharika, 2013. Metodologi Penelitian Evaluasi, Alfabeta Bandung. Bandung.

Fuadi, A.S., Anas, M., 2019. Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi | Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran). Pros. SEMDIKJAR (Seminar Nas. Pendidik. dan Pembelajaran) 3, 316–324.

Hidayat, M., Rully, T., Ramdani, S.H., 2019. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Terhadap Kelancaran Proses Produksi Pada Pt . Astanita Sukses Apindo. J. Online Mhs. Bid. Manaj. 4, 1–16.

Oktaviani, W., Barliansah, B., Budiarto, S., 2022. Alternatif Pemilihan Mesin Autoclave dalam Menentukan Kapasitas Produksi Optimum Studi kasus PT Dirgantara Indonesia (Persero). J. Ind. Elektro dan Penerbangan 11, 1–15.

Riski, M., Yanuar, A., Santosa, B., 2016. Optimalisasi Ruang Penyimpanan Gudang Barang jadi PT XYZ dengan Penerapan Racking System untuk Meningkatkan Kapasitas Gudang Menggunakan algoritma Dynamic Programming. J. Rekayasa Sist. Ind. 3, 25–31.

Rizal, S.R., 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Pada Tenaga Kerja. Ilm. Jur. Ilmu Ekon. 1.

Ruhiawati, I.Y., Romdoni, M.Y., 2020. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bahan Baku Produksi Dengan Metode Weighted Product Pada Pt. Luhai Industri. J. Sist. Inf. dan Inform. 3, 67–84.

Setiyaningrum, A., 2016. Implementasi Model Evaluasi CIPP pada Pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan di BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Supriyanto, 2014. Otimasi Waktu/Proses Produksi Di Pt. Sumiden Sintered Component Indonesia Dengan Teknik Analisa Network/Pert Dan Metode SMED. J. PASTI 7, 362–398.

Wardianingsih, R., Paramita, R., 2022. Menilik Sebab Impor Garam, in: Buletin APBN. Pusat Kajian Anggaran, Jakarta, pp. 7–10.

Wijayanti, N.I., Yulianti, R., Wijaya, B., 2019. Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Tik Ilmeu J. Ilmu Perpust. dan Inf. 3, 37.

Yuliarti, Riansi, E.S., Sultoni, A., Sohnui, S., Sumarwati, 2017. Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah) 1, 75–82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.