Analisis Kelayakan Obyek Dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) Pantai Lon Malang Kabupaten Sampang

Triana Setiyarini, Yustina Chrismardani

Abstract


Destinasi wisata di Pulau Madura memiliki nilai jual yang luar biasa namun belum dikelola dengan baik. Ada beberapa kendala dalam pengembangan pariwisata di Pulau Madura, antara lain, aksesbilitas sarana dan prasarana belum memadai dan belum optimalnya kompetensi SDM masyarakat Madura di bidang pariwisata. Salah satu destinasi wisata yang potensial adalah wisata Pantai Lon Malang yang berada di Kabupaten Sampang. Dengan adanya beberapa kendala tersebut, maka tujuan penelitian adalah untuk menganalisis tingkat kelayakan obyek dan daya tarik wisata alam Pantai Lon Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer berupa hasil wawancara terstruktur dari tiga narasumber, dan data sekunder berupa data pedoman pembobotan ODTWA Dirjen PHKA 2003. Variabel penelitian untuk identifikasi potensi Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) serta kelayakan pengembangan ekowisata dianalisis menggunakan metode skoring, berdasarkan pada pedoman identifikasi ODTWA Dirjen PHKA 2003. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa obyek dan daya tarik wisata alam Pantai Lon Malang secara umum layak untuk dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata pantai. Hanya satu kriteria yaitu akomodasi yang memiliki nilai agak rendah sehingga belum layak digunakan sebagai fasilitas tempat wisata.

Full Text:

PDF

References


Ale´n E, Nicolau JL, Losada N, Domı´nguez T. 2014. Determinant factors of senior tourists’ length of stay. Ann. Tourism Res. 49(0):19–32.

Brouwer, R.; Hadzhiyska, D.; Ioakeimidis, C.; Ouderdorp, H. 2017. The social costs of marine litter along European coasts. Ocean. Coast. Manag. 138, 38–49.

Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam. 2003. Pedoman Analisis Daerah Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO -ODTWA). Bogor: Departemen Kehutanan.

https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/45199

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/379062/melihat-indahnya-wisata-pantai-lon- malang-di-sampang-madura

Lucrezi, S.; Digun-Aweto, O. (2020). “Who wants to join?” Visitors’ willingness to participate in beach litter clean-ups in Nigeria. Mar. Pollut. Bull.

Mapa, Novi H., Gusti Hardiansyah, Sarma Siahaan. 2018. Penilaian Potensi Objek Daya Tarik Wisata Alam Riam Ensiling Di Desa Lumut Kecamatan Toba Kabipaten Sanggau. Jurnal Hutan Lestari, Vol. 6 (1).

Oklevik O, Kwiatkowski G, MalchrowiczMośko E, Ossowska L, Janiszewska D. 2021. Determinants of tourists’ length of stay. PLoS ONE. 16(12): e0259709. https://doi.org/10.1371/journal. pone.0259709

Rukmana, CS., Haryo D. Armono, dan Wahyudi. 2013. Studi Potensi Obyek Wisata Pantai di Kabupaten Sampang. Jurnal Teknik POMITS. Vol. 2, No. 1, ISSN: 2337-3539 (2301-9271).

Subagyo, Ahmad.2007. Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Elex Media. Komputindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.