Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Penggunaan Jasa Jahit Di Desa Langsar Kecamatan Saronggi

Devi Susanti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan penggunaan jasa jahit di desa langsar kecamatan saronggi dikalangan masyarakat. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu Pengaruh kualitas produk, harga dan gaya hidup terhadap pengambilan keputusan penggunaan jasa jahit di Desa Langsar Kecamatan Saronggi. Tujuan dari permasalahan dalam penelitian ini dapat diketahui seberapa besar pengaruh kualitas produk, harga dan gaya hidup terhadap pengambilan keputusan penggunaan jasa jahit di Desa Langsar Kecamatan Saronggi secara parsial dan simultan. Penelitian ini dilakukan di Wamina tailor Desa Langsar Kecamatan Saronggi. Dalam menjawab permasalahan tersebut, jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan responden yang di ambil sebanyak 40 diketahui dengan analisis tersebut pengambilan sampel menggunakan metode sampling insidental dengan cara penyebaran kuisoner. Adapun teknik analis data yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  Kualitas produk, harga, dan gaya hidup berpengaruh secara simultan terhadap keputusan penggunaan jasa jahit  pada masyarakat yang menggunakan jasa jahit Wamina tailor.  Berdasarkan  hasil  Uji-t menyatakan bahwa secara parsial variabel  harga dan gaya hidup berpengaruh siginifikan terhadap keputusan penggunaan, sedangkan untuk variabel kualitas produk  secara  parsial  tidak  berpengaruh  terhadap  keputusan penggunaan.


Full Text:

PDF

References


Amelisa, L., Yonaldi, S., & Mayasari, H. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu. Manajemen dan Kewirausahaan, 7(3), 54-66.

Hilmawan, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 3(3), 154-166.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Erlangga.

Maulidia, M. I. R. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Pakaian Muslimah Di Banda Aceh (Studi Kasus Di Pasar Aceh).

Rinto. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Pada Toko Aneka Motor Sudu Di Kec. Alla’ Kab. Enrekang.

Setiadi Nugroho. (2018). Perilaku Konsumen: Prespektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Silalahi, R. M. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse”(Kasus pada Mahasiswa YKPN Yogyakarta). Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 139.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.

Wahyudi, M. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Eiger Store Purwokerto) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.