Analisis Kelayakan Optimalisasi Utilisasi Line Halus Karungan Melalui Pendekatan FAST (Function Analysis System Technique)

Anang Siswanto, Rony Prabowo

Abstract


PT Garam unit Camplong memiliki kapasitas produksi 6,7 tph dengan 2 output yaitu garam halus karungan 50 kg (4,7 tph) dan jumbo bag 1 ton (2 tph). Namun, saat ini jumbo bag 1 ton sudah tidak jalan. Untuk mengidentifikasi faktor penyebab tidak efektifnya line jumbo bag 1 ton serta memberikan usulan perbaikan untuk mencapai kapasitas 6,7 tph. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu FAST (Function Analysis System Technique) Diagram dan feasibility study (studi kelayakan). Penelitian ini dilakukan di PT Garam unit Camplong. Hasil dari tahap informasi yaitu profil perusahaan dan data total produksi. Kemudian pada tahap analisis fungsi, dilakukan identifikasi fungsi dan membuat FAST diagram mesin jumbo bag 1 ton. Selanjutnya di tahap kreativitas yaitu menentukan alternatif perbaikan yaitu pengalihan produk jumbo bag menjadi garam karungan 50 kg, dengan pengadaan bagging 50 kg. Hal ini karena garam halus karungan produk PT Garam menyumbang demand pasar sebesar 4%. Dengan begitu pengalihan produk juga dapat menambah supply demand pasar sebesar 2%. Tahap terakhir yaitu evaluasi, di tahap ini melakukan studi kelayakan (feasibility study) untuk pengadaan mesin bagging 50 kg yang baru. Dari hasilnya terlihat pada indikator kelayakan yaitu NPV, IRR, Net B/C, dan Revenue cost ratio membuktikan bahwa pengadaan bagging ini layak dilanjutkan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Z. A. 2018. Media Produksi (Geomembrane) Dapat Meningkatkan Kualitas Dan Harga Jual Garam (Study Kasus : Ladang Garam Milik Rakyat Di Wilayah Madura). Eco-Entrepreneurship, 3(2), 21–36.

Daulay, A. N. 2019. Analisis Pasar Komoditi Garam Di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 7(2), 176–191.

Elwany, T. F., Widodo, S., & Fauziyah, E. 2022. Analisis Risiko Usahatani Garam Rakyat di Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep. Agriscience, 2(3), 701–715.

Gde, A. A. A. Y., Nyoman, M., Triswandana, E., & Gede, I. W. 2019. Penerapan Analisis Fungsi Menggunakan Function Analysis System Technique (FAST) Diagram (Studi Kasus Sanur Independent School). Konferensi Nasional Teknik Sipil 12, 7(1), 3.

Kemenperin. 2022. Penetapan Kebutuhan Impor Garam Industri Sudah Transparan Dan Sesuai Prosedur.

Putri, S. N., Satria, Y. I., & Hendrianie, N. 2020) Pra Desain Pabrik Garam Industri Dari Garam Rakyat. Jurnal Teknik ITS, 9(2), 151–156.

Qomariyah, S. N., & Firdaus, C. F. 2021. Studi Kelayakan Bisnis Usaha Batik Dengan Metode Finansial (Studi Kasus Batik New Collet Desa Jatipelem Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 8(1), 11–16.

Sombah, M. C., Dundu, A. K. ., & Sibi, M. 2016. Studi Analisis Pelaksanaan Pekerjaan Pemancangan Dengan Metode Value Engineering Pada Proyek Interchange Maumbi - Manado. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 6(1), 448–462.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.