Pengembangan Wisata Pantai Halal di Kabupaten Sumenep Dengan Pendekatan SWOT dan ANP
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam terkait strategi yang tepat dalam pengembangan wisata pantai halal di Kabupaten Sumenep dengan menggunakan metode Strength Weakness Opportunity Treat (SWOT) dan Analytical Network Process (ANP) sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT adalah kondisi lingkungan dan letak geografis yang cukup baik (kekuatan), rendahnya dukungan masyarakat (kelemahan), mengeksplore pariwisata Kabupaten Sumenep (peluang) dan adanya pariwisata, menarik para pengunjung dari berbagai daerah akan menciptakan kesenjangan sosial di daerah setempat (ancaman). Alternative strategis yaitu meningkatkan akses dan fasilitas, kerjasama dengan masyarakat, menciptakan lapangan kerja, menjaga kelestarian lingkungan serta menentukan visi misi. Adapun strategi prioritas berdasarkan hasil olah data ANP diperoleh strategi prioritas tertinggi yaitu kerjasama dengan masyarakat. Keterbatan dari penelitian ini adalah menambahkan penilaian kesiapan destinasi wisata dilihat dari beberapa aspek utama pariwisata, yaitu dari sisi produk.
Full Text:
PDFReferences
Assauri, S. (2016). Strategic Management: Sustainable Competitive Advantages, Edisi 2. ISBN 978-979-769-632-0, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bawazir, T. (2013). Panduan Praktis Wisata Syariah, Wisata nyaman, Ibadah Lancar. ISBN 978-979-592-625-2, Jakarta: PT. Pustaka Al-Kausar.
Chookaew, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country. Journal of Economics, Business and Management, 739-741.
Demolingo, R. H. (2015). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Desa Bongo,
Fatmawati, Ari Ana, Santoso, Sugeng. 2020. Penguatan Rantai Nilai Pariwisata Sebagai Strategi Pengembangan Kawasan Kota Tua Jakarta Menjadi Kawasan Wisata Ramah Muslim Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Volume 6, No. 03.
Handayani, T. (2017). Penerapan Analytic Network Process (ANP) Pada Sistem Pendukung Keputusan. Jurnal Transformatika. Vol:14, No: 2. Januari 2017. Fakultas Teknologi Informatika dan Komunikasi, Semarang.
Harahap, I. (2008) Motivasi & Inovasi suatu harapan. Analisa TOWS, diakses Selasa 13 Mei 2008. dari http://insanharahap.blogspot.co.is/2008/05/analysis-tows.html
Haryanegara, M. E. A., Akbar, M. A. I., & Novianti, E. (2021). Peran label pariwisata halal sebagai daya tarik wisata budaya di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tornare: Journal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 35–39. https://doi.org/https://doi.org/10.24 198/tornare.v3i1.29839
Indonesia Travel. (2013). Pariwisata Syariah Indonesia. dari www.indonesiatravel.id:http://www.indonesia.travel/id/event/detail/760/pariwisatasyariah- Indonesia. Diakses 15 September 2017.
Kamarudin, L. M. (2013). Islamic Tourism: The Impacts to Malaysia's Tourism Industry. Proceedings of International Conference on Tourism Development, 397-405.
Kemenpar. (2012). Kemenparekraf Promosikan Indonesia Sebagai Destinasi Pariwisata Syariah Dunia. Diakses 10 September 2017, dari http://www.kemenpar.go.id: http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=16&id=2042
Kempar. (2015). Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menurut Pintu Masuk dan Kebangsaan. Jakarta: Kementerian Pariwisata.
Marpaung, H.( 2002). Pengantar Pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Mill, R. C. (2000). Tourism The International Business (Alih Bahasa Sastro Tribudi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Noho, Y. (2014). Desa Wisata Religius Bongo Kabupaten Gorontalo. Jurnal Nasional Pariwisata, ISSN 1411-9862 Vol. 6, No.1, April 2014. Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada.
Pariwisata, Kementrian. (2015). Laporan Akhir Kajian Perkembangan Pariwisata Syariah. Deputi Bidang Pengembangan dan Kelembagaan Pariwisata. Jakarta: KAPASITAS PENGELOLAAN.
Rangkuti, F. (2017). ANALISA SWOT: Tehnik membedah kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. ISBN 978-602-03-0652-6-0, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Reuters, T., & Standard, D. (2014). State of the Global Islamic Economy 2014-2015 Report. Dubai: Dubai the Capital of Islamic Economy.
Saaty, T. L., dan Vargas, L.G. (2006). Decision Making with the Analytic Network Process Economic, Political, Social and Technological Applications with Benefits, Opportunities, Cost and Risk. Ptsburg. Springer.
Sofyan, R. (2012). Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta: Republika.
Sugiarti, A. N. (2015). Strategi Pengembangan Pariwisata Syariah Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim Domestik Dan Mancanegara Di Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Vanany, I.(2003). Aplikasi Analytic Network Process (ANP) Pada Perancangan Sistem PengukuranKinerja (Studi Kasus pada PT. X). Jurnal Teknik Industri Vol. 5, NO. 1, Juni 2003: 50 – 62.
Refbacks
- There are currently no refbacks.