Pengembangan Wisata Halal Di Pantai Lon Malang Kabupaten Sampang
Abstract
Perlu dilakukan identifikasi potensi infrastruktur pariwisata, dapat
dilakukan untuk memberikan informasi yang berharga untuk strategi
pengembangan wisata dan perencanaannya agar dapat
meningkatkan kunjungan wisata Pantai Lon Malang. Hasil matrik IE
yang menempatkan pengelolaan pantai Lon Malang pada sel-1,
yaitu growth strategi dengan konsentrasi pada integrasi vertical.
Strategi yang dapat dilakukan adalah melakukan ekspansi untuk
memenuhi standar wisata halal berkaitan dengan
perwilayahan/paket wisata halal, meningkatkan daya tarik
wisatawan dengan memunculkan keunikan/kekhasan dalam event
atau kuliner khusus, pemeliharaan kebersihan dan kerapian fasilitas
umum, penyediaan fasilitas pariwisata seperti homestay dan
restoran/rumah makan, ketersediaan aksesibilitas umum,
penguatan dan perluasan exposure social media yang sudah
dikelola oleh pengelola Pantai Lon Malang.
Full Text:
PDFReferences
Adinugraha. Hendri Hermawan, Mila Sartika dan Ana Kadarningsih, 2018, Desa Wisata
Halal: Konsep Dan Implementasinya Di Indonesia, Human Falah, 5
(1
). 28-48.
Astuti, Tri Budi. Anwar, Saiful, dan Junarti, 2019, Pengembangan Objek Wisata Syariah
Desa Bubohu Gorontalo: Pendekatan SWOT Dan ANP, FORUM EKONOMI, 21
(1
)
, 1-11
Battour, Mohammed and Mohd. Nazari Ismail., 2016, Halal Tourism: Concepts, Practises,
Challenges And Future, Tourism Management Perspectives 19
(2016
) 150–154.
Damanik, J. dan Weber, H. F., 2006, Perencanaan Ekowisata dari Teori ke Aplikasi, Andi,
Yogyakarta.
Feriyadin.Saufi, Akhmad dan Rinuastuti, Baiq Handayani, 2021, Pengembangan Pariwisata
Halal Desa Setanggor, JMM UNRAM, 10
(1a
), 1-12.
Hawaniar, Mira dan Suprihardjo., Rimadewi, 2013, Kriteria Pengembangan Desa Slopeng
sebagai Desa Wisata di Kabupaten Sumenep, Jurnal Teknik POMITS Vol. 2, No. 3,
Lailatufa, Istiqomatul., 2019, Strategi Pengembangan Objek Wisata Rumah Apung
Bangsring Under Water Di Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi
Nurohman, Yulfan Arif dan Qurniawati., Rina Sari., 2021, Strategi Pengembangan Desa
Wisata Menggoro Sebagai Wisata Halal, Jurnal Among Makarti Vol. 14 No. 1
Priyadi, Unggul., 2016, Pariwisata Syariah Prospek dan Perkembangan., Yogyakarta: UPP
STIM YKPN.
Rangkuti, Freddy., 2013, Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis., Jakarta : PT
Gramedia Pustaka Utama
Suesilowati and Ekawati, Rina., 2016, Halal Tourism Development Strategy Program in
Indonesia. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 28.
-234
Tambunan, T.S., 2020, SWOT Analysis For Tourism Development Strategy Of Samosir,
TIJAB
(The International Journal of Applied Business), 4
(2
), 90-105.
Taqwiem, Ahsani. Muhammad, Harun Al Rasyid and Maulidi, Ali., 2020,. Halal Tourism
Development Analysis in Lombok Island, International Conference on Islam, Economy,
and Halal
Industry, KnE Social Sciences, pages 177–184. DOI
18502/kss.v4i9.7324
Yoeti, Oka A., 2008., Perencanaaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta, Pradaya
Pratama
Zaini, Muh., 2021, Pengembangan Pariwisata Halal Berbasis Masyarakat Untuk
Meningkatkan Kesejahteraan
(Studi Kasus Pada Desa Wisata Sembalun Lawang,
Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat
),
MUSLIMPRENEUR, 1
(2
). 94-102
Zhang, Qiufen., 2012, Research on Tourist Attractions Performance Promoting Method
Based on the SWOT Analysis Method,
International Conference on Mechanical,
Industrial, and Manufacturing Engineering. IERI Procedia 1
( 2012
) 254 – 260. doi:
1016/j.ieri.2012.06.040
Refbacks
- There are currently no refbacks.