PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI DAUR HIDUP KUPU-KUPU BAGI SISWA CEREBRAL PALSY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Produk, (2) kevalidan, (3) kepraktisan, (4) keefektifan produk media animasi berbasis multimedia pada materi daur hidup kupu-kupu bagi siswa cerebral palsy. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluate. Pengumpulan data dengan metode observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian pengembangan media animasi yaitu teknik analisis data hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil produk pengembangan ini adalah media animasi berbasis multimedia untuk siswa cerebral palsy materi daur hidup kupu-kupu. Berdasarkan uji kevalidan dari beberapa ahli diperoleh hasil; (1). Ahli materi 95,58%; (2). Ahli media 82,12%; (3). Ahli cerebral palsy 75%. Hasil uji kepraktisan memperoleh hasil dari respon pengguna yaitu guru 100%, dan respon pengguna siswa memperoleh hasil 93%. Hasil uji keeektifan menggunakan uji gain dan memperoleh hasil 0,75. Hasil analisis dari pengembangan media animasi memperoleh hasil penilaian dari para ahli dengan kategori sangat valid, uji kepraktisan memperoleh hasil dengan kategori sangat praktis, dan uji keefektifan dengan melakukan kegiatan pretest dan posttest memperoleh hasil dengan kategori tinggi. Dapat diambil kesimpulan bahwa pengembangan media animasi berbasis multimedia pada materi daur hidup kupu-kupu bagi siswa cerebral palsy valid, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.