ANALISIS MODUL PRAKTIKUM STRUKTUR HEWAN BERBASIS HYBRID LEARNING

Meti Maspupah, Nurul Hidayah

Abstract


Pembelajaran dengan praktikum dapat membantu proses memahami pembelajaran secara nyata. Modul penuntun praktikum yang digunakan sebagai penunjang selama proses pembelajaran menjadi landasan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun kondisi yang membatasi adanya kegiatan praktikum selama pandemi menjadikan modul penuntun praktikum perlu mengalami modifikasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis respon mahasiswa terhadap modul penuntun praktikum berbasis hybrid learning pada mata kuliah struktur hewan. Instrumen yang digunakan dalam mengukur respon mahasiswa dengan angket mengenai modul yang telah dimodifikasi. Hasil menunjukkan bahwa aspek lampiran link youtube di modul mengenai teknik pembedahan dapat memberikan pengenalan dan pemahaman dalam praktikum mandiri serta mendapat respon sebesar 47.1% setuju. Adanya komponen tambahan seperti media virtual lab di modul dengan respon sebesar 52.9% menyatakan setuju dapat membantu proses pemahaman materi. Berdasarkan responsi mahasiswa pada mata kuliah struktur hewan didapatkan bahwa penggunaan modul penuntun praktikum berbasis hybrid learning dapat membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All right reserved