PENERAPAN MODEL PJBL STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATAKULIAH GAMBAR TEKNIK

Mojibur Rohmani, Yayi Febdia Pradani, Ahmad Saepuddin

Abstract


Gambar teknik merupakan mata kuliah membekali mahasiswa dengan keterampilan menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada Gambar Teknik melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dengan STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan model Kemmis & Taggart. Untuk itu 18 orang mahasiswa dari program studi Teknik Mesin Unira Malang berpartisipasi dalam penelitian. Setiap siklus penelitian terdiri dari 4 tahap mulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap akhir siklus, dilakukan tes kepada mahasiswa untuk mengukur pemahaman konsep mereka pada matakuliah Gambar Teknik. Data kuantitatif yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t yaitu paired sample t-test dengan bantuan software SPSS. Temuan menunjukkan bahwa setelah menyelesaikan perkuliahan yang dilakukan dalam 2 siklus, pemahaman konsep mahasiswa tentang gambar teknik mengalami peningkatan. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL-STEM terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa dalam gambar teknik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All right reserved