ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

Rohmani Rohmani, Wiwin Puspita Hadi, Yunin Hidayati, Ana Yuniasti Retno Wulandari, Dwi Bagus Rendy Astid Putera

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa ditinjau dari gaya kognitif efd independent. Penelitian ini menggunakan metode explanatory design jenis par ticipant selection modcl dan dilaksanakan di SMP Ncgcri 11 Grcsik dcngan populasi semua siswa kelas VII tahun ajaran 2020/202 1. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk mengukur gaya kognitif dan pemahaman konsep siswa, tcknik wawancara untuk mengetahui keyakinan dan keaslian jawaban siswa dan tekni k dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif persentasc skor siswa dan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FI mempunyai pemahaman konsep tinggi dan sangat tinggi dengan persentase 61% dan 39%. Dimana siswa dengan gaya kognitif FI lebih mandiri dan tidak terpengaruh oleh faktor luar sehingga mampu menjelaskan suatu teori menggunakan bahasa sendiri tanpa terpaut pada teori yang ada serta mampu memenuhi banyak indikator pemahaman konsep.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All right reserved