PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF DAN INOVATIF MAHASISWA STKIP MUHAMMADIYAH BONE
Abstract
Tujuan penelitian untuk menguji penerapan model Learning Cycle dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif mahasiswa melalui tahapan-tahapan menggali, menganalisis dan mengevaluasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Biologi STKIP Muhamadiyah Bone. Teknik pengumpulan data dengan observasi (pengamatan langsung) dan dokumentasi selama proses. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kulitatif dan analisis statistik imperensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Learning Cycle 7e dapat memicu tumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif mahasiswa. Hal tersebut, tampak saat proses pembelajaran kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif 85% mahasiswa tumbuh.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
All right reserved