PENERAPAN NILAI MEMAYU HAYUNING TIRTO MELALUI DIORAMA SUNGAI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

Feby Permata Sari, Khisbiyatul Hasanah

Abstract


Indonesia merupakan negara berkembang dan permasalahan terbesarnya terletak pada pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan terutama pencemaran air mempunyai dampak yang besar bagi sekitarnya. Hal ini dapat dibenahi melalui pendidikan yang berkarakter. Pemerintah Indonesia mulai mencanangkan pendidikan karakter pada tanggal 2 Mei 2010. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa dengan bantuan media diorama sungai Pengambilan sampel menggunakan purposive rundom sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII A SMPN 1 Kamal. Teknik analisis data menggunakan uji non—parametrik Wilcoxon. Pengumpulan data menggunakan teknik angket karakter peduli lingkungan.  Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dipadu dengan model problem based learning dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa.  Rata-rata peningkatan karakter peduli lingkungan siswa sebanyak 25% 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All right reserved