UJI KELAYAKAN BUKU AJAR IPA TERPADU BERBASIS KONTEKSTUAL KEARIFAN LOKAL MADURA PADA MATERI GARAM
Abstract
Artikel ini melaporkan hasil pengembangan buku ajar IPA terpadu berbasis kontekstual kearifan lokal Madura pada materi garam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan buku ajar IPA terpadu berbasis kontekstual kearifan lokal Madura pada materi garam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini diujicobakan pada 3 ahli/pakar yaitu ahli materi, ahli bahan ajar, dan guru IPA SMP. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa buku ajar IPA terpadu berbasis kontekstual kearifan lokal Madura pada materi garam memiliki rata-rata perhitungan kelayakan dari ahli materi dan guru IPA SMP dengan nilai validitas sebesar 86,1%, dan nilai reliabilitas sebesar 96,1%. Rata-rata dari ahli bahan ajar dan guru IPA SMP dengan nilai validitas sebesar 88,1% dengan reliabilitas sebesar 98,3%. Rata-rata nilai validitas keseluruhan adalah sebesar 87,1% dengan kategori sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dan rata-rata nilai reliabilitas sebesar 97,2% dengan kategori reliabel.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
All right reserved