LITERASI SAINS: HARAPAN, KENYATAAN, DAN IDE PENGEMBANGANNYA

Wahono Widodo

Abstract


Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek dan program literasi sains, kemampuan  literasi sains mahasiswa calon guru IPA, dan mendeskripsikan ide-ide pengembangan literasi sains. Makalah ini diawali dengan aspek-aspek literasi sains serta program pengembangan literasi sains dewasa ini di Indonesia, dan selanjutnya mengerucut pada kemampuan literasi sains dan kebiasaan membaca calon guru IPA. Untuk keperluan ini dilakukan tes literasi sains dan angket recall buku yang dibaca kepada calon guru IPA di salah satu PTN di Indonesia. Hasil tes dianalisis secara deskriptif. Ide-ide pengembangan literasi diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan bersama mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Sains di salah satu PTN di Indonesia. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai literasi calon guru IPA sedikit di atas 50, yang menunjukkan perlu ditingkatkan.  Kebiasaan membaca pada mahasiswa juga perlu ditingkatkan. Makalah ini mengusulkan pembelajaran berbasis riset dan Gerakan Literasi Kampus (GLK) dapat menjadi alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengasah kemampuan literasi sains mahasiswa calon guru IPA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All right reserved