PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET MATERI ANIMALIA SISWA KELAS X MA AL-ISLAMIYAH 1 BLUMBUNGAN

Lukluk Ibana, Siti Norromlatur Rosyidah, Akhmad Fathir

Abstract


Fakta menunjukkan guru biologi MA Al-Islamiyah 1 Blumbungan belum pernah menyusun bahan ajar. Proses pembelajaran di kelas  hanya menggunakan LKS, sehingga perlu dikembangkan suatu media pembelajaran agar lebih bervariasi. Tujuan penelitian yaitu: 1) untuk mengetahui kelayakan booklet materi animalia sebagai media pembelajaran, 2) untuk mengetahui respon guru dan siswa kelas X MA Al-Islamiyah 1 Blumbungan terhadap booklet materi animalia. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi, booklet dinilai layak digunakan dengan persentase kelayakan 93,7%. Sedangkan hasil penilaian ahli media, booklet dinilai sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan 99,3%. Hasil uji coba menunjukkan bahwa booklet materi animalia mendapatkan respon yang baik dari guru dan siswa. Persentase respon guru dan siswa terhadap booklet tersebut adalah 93,3% dan 97,9%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran booklet materi Animalia sangat layak digunakan.

Full Text:

PDF

References


Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., Rahmi, L,Y. (2021). Booklet Pada Materi Bakteri Untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha.Vol 9 No 1.

Fauziyah, Z.(2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Alauddin Pao-Pao Dan Man 1 Makassar. Skripsi. Universitas Islam Negeri (Uin) Alauddin Makassar.

Fitriasih, R., Kasrina, I., & Kasrina, K. (2019). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Pteridophyta Di Kawasan Suban Air Panas Untuk Siswa SMA. Diklatbio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 100–108.

Gemilang, Ritznor & Elisabeth Christina. 2016. Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI Di SMAN 3 Sidoarjo. Jurnal BK Unesa Vol. 6, No 3.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1), 45–56.

Mas'adah,S., M. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Magnoliophyta (Khas) Di Cagar Alam Imogiri Sebagai Sumber Belajar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Melati, R., Widiya, M., Fitriani,L., Sari, A.P. (2020). Pengembangan Booklet Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Tumbuhan (Plantae) Kelas X Mipa Man 1 (Model) Lubuklinggau. Diklatbio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 4 (2) : 153-161

Nahria, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Booklet Pada Materi Hidrolisis Garam Di MA Babun Najah Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Nuzalifa, Y. U., Hastuti, U. S., dan Sueb. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Penyuluhan tentang Pembuatan Nata de Melon bagi Masyarakat Petani. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Volume 4 Nomor 3.

Pramika, Depi., Sari, N. (2020). Pengembangan Booklet dengan Pendampingan Video Tutorial sebagai Media Pembelajaran Statistik Penelitian. Economic Education Analysis Journal 9(3), 959–971.

Puspita, A., Kurniawan, A.,D., dan Rahayu, H.,M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, Vol. 4, No. 1.

Pramika, Depi., Sari, N. (2020). Pengembangan Booklet dengan Pendampingan Video Tutorial sebagai Media Pembelajaran Statistik Penelitian. Economic Education Analysis Journal 9(3), 959–971.

Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba.

Utami,W.F. (2018). Pengembangan Media Booklet Teknik Kaitan Untuk Siswa X SMKN 1 Gunung Kidul Saptosari. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardani, Fitria T, dkk. (2013). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal FKIP Untan Pontianak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All right reserved