Strategi Pemasaran Tanaman Hias pada Masa Pandemi Covid-19 di Mekar Jaya Nursery

Dita Megasari, Syaiful Khoiri, Anwar Zamroni

Abstract


Mekar Jaya Nursery merupakan pelaku usaha penjualan tanaman hias yang telah berdiri sejak tahun 2007. Omset penjualan Mekar Jaya Nursery di awal pandemi Covid-19 (April-Juni 2020) mengalami penurunan yang signifikan. Aturan pemerintah yang mewajibkan bekerja dari rumah (work from home) meningkatkan minat masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah menjadi home gardening. Tanaman hias menjadi salah satu incaran masyarakat untuk dibudidayakan. Tren ini meningkatkan permintaan tanaman hias. Potensi yang muncul ini direspon dengan cepat oleh Mekar Jaya Nursery melalui perubahan strategi pemasaran. Beberapa permasalahan yang terjadi di analisis menggunakan fishbone dan metode AKPL (Aktual, Problematik, Khalayak, dan Layak). Beberapa solusi yang diterapkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi, diantaranya membuka cabang baru, menambah layanan pesan antar dan COD (Cash on Delivery), penambahan jenis tanaman hias, penetapan harga yang didasarkan pada kategori barang. Bisnis tanaman hias yang bersifat dinamis harus direspon dengan cepat dan tepat melalui perubahan rencana usaha dan peta jalan usaha. Hal ini bisa menjadi perhatian pemerintah dan asosiasi yang tergabung agar dapat terus dapat mempertahankan tren dan pasar tanaman hias.


Full Text:

329-341

References


Abadi, L. Y. (2016). Evaluasi strategi penetapan harga jual dalam bisnis gourmet Land Cafe. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1, 112–117.

Akazawa, Y., Watanabe, S., Nobukiyo, S., Iwatake, H., Seki, Y., Umehara, T., Tsutsumi, K., & Koizuka, I. (2004). The management of possible fishbone ingestion. Auris Nasus Larynx, 31(4), 413–416.

Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1543–1552.

BPS. (2020). Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32 Persen.

Dewi, C., Mursalim, & Palmarudi, M. (2015). Permasalahan sistem agribisnis dan strategi memperbaiki daya saing komoditi markisa di Kabupaten Gowa. J. Sains & Teknologi, 15(1), 84–90.

Elisabeth, A. (2021). Ini Alasan Tren Tanaman Hias Meningkat di Tengah Covid-19. Economy.Okezone.Com. https://economy.okezone.com/read/2021/05/21/455/2413497/ini-alasan-tren-tanaman-hias-meningkat-di-tengah-covid-19

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Lisnawati, I., Rosa, A., Yunita, D., & Hartati, H. (2019). Keputusan Konsumen menggunakan jasa pesan antar makanan online di palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 147–158.

Lizza Arnofia. (2020). Banyak Orang Menanam Bunga saat Pandemi, Omset Pedagang Naik 70%. Blokbojonegoro.Com. http://blokbojonegoro.com/2020/11/02/banyak-orang-menanam-bunga-saat-pandemi-omset-pedagang-naik-70/

Masruroh. (2020). Di Surabaya Harga Janda Bolong Mulai Rp 85 Ribu Sampai Rp 15 Juta Per Daun. Kumparan.Com/. https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/di-surabaya-harga-janda-bolong-mulai-rp-85-ribu-sampai-rp-15-juta-per-daun-1uNPF03AiGR/full

Idawati, I. A. A., & Pratama, I. G. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Kota Denpasar. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 2(1), 1-9.

Petri, M. M., Majid, N., & Addiarrahman, A. (2020). Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Bisnis Umkm Di Tengah Pandemi COVID-19 (Studi UMKM Buket Bunga Gallery Daisuki Jambi). UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Simbolon, J. B., Sinaga, R. E., & Sitepu, J. (2021). Peluang home gardening selama pandemi covid-19 di Medan Sekitar. Jurnal Agroteknosains, 5(1), 43–50.

Sofjan, A. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.