Peran Anak Muda Melakukan Inovasi untuk UMKM di Masa dan Pasca Pandemi

Vicky Maulana Alfian

Abstract


Pandemi telah mengubah suatu kebiasaan kita sehari-hari, yang kesehariannya bisa berkumpul, bisa pergi kemana saja dengan bebas. Akan tetapi, kini kita sedikit terbatas pergerakannya karena akibat imbas dari Pandemi Covid 19. Dampak nya bisa langsung terasa ke berbagai sektor, mulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan hingga kegiatan sosial. Salah satu sektor yang paling terdampak dari segi ekonomi yaitu sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).  Lantas apa yang kita bisa lakukan untuk mengatasi masalah ini, ada banyak cara yang bisa kita lakukan bersama-sama, terutama yang bisa anak muda lakukan untuk bisa mendongkrak omset penjualan, yaitu dengan metode-metode yang inovatif, dengan cara yang lebih kreatif dan efisien, namun tidak serta merta melalaikan protokol kesehatan.


Full Text:

7-26

References


Adaptasi dan Inovasi Kunci UMKM Bertahan di Krisis Covid-19, https://www.merdeka.com/, diakses tanggal 09 Agustus 2021.

Agil, Rais, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Serta Solusinya”, Jurnal Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis, Vol. XIII, 2021.

Aisyah, Kartika, "Analisis Dampak Covid-19 Bagi UMKM di Jawa Timur”, Skripsi, Institut Teknologi 10 November, 2020

Chairani, Ikfina, “Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Gender di Indonesia,” Jurnal Kependudukan Indonesia, Vol. 39, 2020.

“Dana Abadi Mendorong Kemandirian UMKM, Satu Hikmah Pandemi Covid-19”, https://fecon.uii.ac.id/blog/2020/05/30/, diakses tanggal 15 Agustus 2021

Handoko, Tri, “Membangkitkan UMKM di Masa Pandemi dengan Inovasi dan Teknologi”, Penelitian Lembaga, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Bogor, 2020.

“Kilas Balik Kronologi Munculnya Kasus Pertama Covid-19 di Indonesia”, https://megapolitan.kompas.com/read/2021/03/02/05300081/, diakses tanggal 04 Agustus 2021

Purnomo Hadi, Mas “UKM Tangguh di Masa Pandemi” Pidato Semangat dan Spirit Bagi UMKM untuk Eksis Pada Situasi Pandemi.

Soetjipto, Noer, Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19, Cetakan Ketiga, K-Media, Yogyakarta, 2020.

Tarmo, Agus, “Generasi Muda Sebagai Promotor Bangkitnya UMKM dalam Rangka Meningkatkan Nilai Jual Produk dalam Negeri”, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), 2021.

Trisnawati, “Kajian Inovasi Sektor Usaha Kecil Menengah UKM dengan Pendekatan Sistem Dinamis”, Jurnal Akuntansi Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 4, 2016.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Karantina Kesehatan, Tambahan Lembaran Negara RI, Nomor 6.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Tambahan Lembaran Negara RI, Nomor 20.

Wijayanto, Komunikasi Politik Kabinet Joko Widodo Selama Pandemi, Hasil Riset Lembaga, Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3S), 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.