Literature Review: Pola Asuh Orang Tua
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A., & Appulembang, Y. A. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kualitas hidup siswa pelaku tawuran. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 210-215. DOI: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.351.
Ahmad, H., Irfan, A. Z., & Ahlufahmi, D. (2020). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan penyesuaian dir siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1). DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2899.
Baiti, N. (2020). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak. JEA (Jurnal Edukasi) DOI: https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590 Aud), 6(1), 44-57.
Baumrind, D. (1991). The Influence of parenting style on adolescent competence and substance use. Journal of Early Adolescence, 11(1), 56-95. Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daring. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 104-110. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871.
Fellasari, F., & Lestari, Y.I. (2016). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan kematangan emosi remaja. Jurnal Psikologi, 12(2), 84-90.
Handayani, A. et al. (2021). Psikologi parenting. Bangkalan: CV.
Bintang Semesta Media.
Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-tipe pola asuh dalam pendidikan keluarga. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16-23. Hasrul, H., Hamzah, H., & Hafid, A. (2020). Pengaruh pola asuh terhadap status gizi anak. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(2), 792-797. DOI: https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.403.
Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54-60. DOI: https://doi.org/10.29062/seling.v8i1.1087.
Kusumawardhani, I. A., DS, A. C., & Khasanah, I. (2019). Analisis kematangan emosional anak ditinjau dari usia masuk TK A di TK Perintis Sukolilo Pati. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4049.
Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8 (1), 84-90.
Miyati, D.S, dkk (2021). Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh anak. Jurnal Kumara Cendekia 9 (3). 139-147. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50219.
Mulyanti, S., Kusmana, T., & Fitriani, T. (2021). Pola pengasuhan orang tua terhadap perkembangan Review. Healthcare anak Nursing usia pra sekolah: Journal, 3(2), Literature 116-124. DOI: https://doi.org/10.35568/healthcare.v3i2.1333.
Nuroniyah, W. (2023). Psikologi keluarga. Ciputat: CV. Zenius Publisher.
Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen pengasuhan anak usia dini pada ibu yang bekerja: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 127–136. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1502.4 PROSIDING SEMINAR NASIONAL 2024 PSIKOLOGI, FISIB, UTM E-ISSN: 3089-2465.
Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar pada anak sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1104-1111. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346.
Shaleh, M. (2023). Pola asuh orang tua dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86-102. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144.
Sovitriana, R., & Sianturi, H. C. (2021). Kematangan emosi dan onformitas teman sebaya dengan perilaku agresif pada remaja di Kelurahan X Kabupaten Bekasi. Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 1-9.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis pola asuh demokratis terhadap perkembangan sosial dan emosional anak di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506-5518.
Syifa, N., Rachman, A., & Asniwati, A. (2023). Kerjasama orang tua dengan sekolah dan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 384-397. DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3745.
Ulya, N., & Diana, R. R. (2021). Peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia. Jurnal Golden Age, 5(2), 304-313.
Utami, I., Idriansari, A., & Herliawati, H. (2014). Hubungan kematangan emosi ibu dengan kekerasan fisik dan kekerasan verbal pada anak usia sekolah di SD Negeri 11 Indralaya. Jurnal Majalah Kedokteran Sriwijaya, 46(1), 59-63. DOI: https://doi.org/10.36706/mks.v46i1.2683.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sulis Setiyawati