Literature Review: Pola Asuh Orang Tua

Sulis Setiyawati, Netty Herawati, Nailur Rohmah

Abstract


Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Dalam konteks ini, pengasuhan oleh orang tua berfungsi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dasar, tetapi juga untuk memberikan bimbingan emosional dan sosial. Dengan menggunakan 12 artikel yang relevan dari database Google Scholar, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh dan dampaknya terhadap perkembangan anak. Hasil literature review menunjukkan Pola asuh demokratis dan autoritatif terbukti lebih efektif dalam mendukung perkembangan positif anak dibandingkan dengan pola asuh permissif atau otoriter, bahwa pola asuh demokratis yang diterapkan oleh orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial, emosional, kemandirian, dan motivasi belajar anak. Pola asuh ini memberikan kesempatan bagi anak untuk membuat pilihan dengan pendekatan yang tulus, serta menumbuhkan sikap kerjasama, menghormati, disiplin, dan tanggung jawab.

Keywords


Pola Asuh Orang Tua, Pola Asuh Demokratis, Pola asuh autoritatif.

Full Text:

PDF

References


Agustina, A., & Appulembang, Y. A. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kualitas hidup siswa pelaku tawuran. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 210-215. DOI: https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.351.

Ahmad, H., Irfan, A. Z., & Ahlufahmi, D. (2020). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan penyesuaian dir siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1). DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.2899.

Baiti, N. (2020). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak. JEA (Jurnal Edukasi) DOI: https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590 Aud), 6(1), 44-57.

Baumrind, D. (1991). The Influence of parenting style on adolescent competence and substance use. Journal of Early Adolescence, 11(1), 56-95. Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daring. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 104-110. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871.

Fellasari, F., & Lestari, Y.I. (2016). Hubungan antara pola asuh orang tua dengan kematangan emosi remaja. Jurnal Psikologi, 12(2), 84-90.

Handayani, A. et al. (2021). Psikologi parenting. Bangkalan: CV.

Bintang Semesta Media.

Handayani, R., Purbasari, I., & Setiawan, D. (2020). Tipe-tipe pola asuh dalam pendidikan keluarga. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(1), 16-23. Hasrul, H., Hamzah, H., & Hafid, A. (2020). Pengaruh pola asuh terhadap status gizi anak. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(2), 792-797. DOI: https://doi.org/10.35816/jiskh.v12i2.403.

Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 54-60. DOI: https://doi.org/10.29062/seling.v8i1.1087.

Kusumawardhani, I. A., DS, A. C., & Khasanah, I. (2019). Analisis kematangan emosional anak ditinjau dari usia masuk TK A di TK Perintis Sukolilo Pati. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4049.

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8 (1), 84-90.

Miyati, D.S, dkk (2021). Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh anak. Jurnal Kumara Cendekia 9 (3). 139-147. DOI: https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50219.

Mulyanti, S., Kusmana, T., & Fitriani, T. (2021). Pola pengasuhan orang tua terhadap perkembangan Review. Healthcare anak Nursing usia pra sekolah: Journal, 3(2), Literature 116-124. DOI: https://doi.org/10.35568/healthcare.v3i2.1333.

Nuroniyah, W. (2023). Psikologi keluarga. Ciputat: CV. Zenius Publisher.

Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen pengasuhan anak usia dini pada ibu yang bekerja: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 127–136. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1502.4 PROSIDING SEMINAR NASIONAL 2024 PSIKOLOGI, FISIB, UTM E-ISSN: 3089-2465.

Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar pada anak sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1104-1111. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346.

Shaleh, M. (2023). Pola asuh orang tua dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 86-102. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.144.

Sovitriana, R., & Sianturi, H. C. (2021). Kematangan emosi dan onformitas teman sebaya dengan perilaku agresif pada remaja di Kelurahan X Kabupaten Bekasi. Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 1-9.

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis pola asuh demokratis terhadap perkembangan sosial dan emosional anak di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506-5518.

Syifa, N., Rachman, A., & Asniwati, A. (2023). Kerjasama orang tua dengan sekolah dan pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 384-397. DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.3745.

Ulya, N., & Diana, R. R. (2021). Peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia. Jurnal Golden Age, 5(2), 304-313.

Utami, I., Idriansari, A., & Herliawati, H. (2014). Hubungan kematangan emosi ibu dengan kekerasan fisik dan kekerasan verbal pada anak usia sekolah di SD Negeri 11 Indralaya. Jurnal Majalah Kedokteran Sriwijaya, 46(1), 59-63. DOI: https://doi.org/10.36706/mks.v46i1.2683.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sulis Setiyawati