Gambaran Cultural Value Pada Pedagang Wanita Etnis Madura
Abstract
The increasing number of MSMEs in various regions is not accompanied by the emergence of innovation. In fact, Madurese women have unique cultural values that interesting to study in relation to innovative work behavior in entrepreneurship. This study aims to reveal a general picture of cultural values and innovative work behavior among Madurese female MSMEs actors through a literature review. The results shows that education, technology, and patriartical culture have a significant influence on their innovative work behavior.
Peningkatan jumlah UMKM di berbagai daerah tidak diimbangi dengan munculnya inovasi. Padahal, perempuan Madura memiliki cultural values yang unik dan menarik untuk diteliti serta berkaitan dnegan perilaku kerja inovatif dalam wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap mengenai gambaran umum cultural values dan perilaku inovatif pada perempuan etnis Madura pelaku UMKM. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor Pendidikan, teknologi, dan budaya patriarki memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku kerja inovatif.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, T. S. (2014). Mengungkap Perilaku Inovatif 3 Etnis Wanita Pedagang Di Surabaya. Jurnal Manajemen Teori & Terapan, 7(1), 23-37.
Agustina, T. S. (2020). Pengaruh Perilaku Inovatif Pada Keberhasilan Womenpreneur Etnis Madura Sebagai Pedagang Pakaian Jadi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(2), 153-161.
Anshori, I. (2009). Dual Role conflict of Small Business Women Entrepreneur in Madura. Proceeding of ICES-School of Business Management, Bandung Institute of Technology.
Auliviya, A.W. (2022). Inovasi dalam Sains dan Teknologi Kunci Pelaku UMKM Bisa Bertahan. Agustus 2024, https://swa.co.id/read/376154/inovasi- dalam-sains- dan-teknologi-kunci-pelaku-umkm-bisa-bertahan
BPS. (2022). Jumlah Industri Skala Mikro dan Kecil Menurut Provinsi. Agustus 2024, https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDQwIzI=/jumlah- perusahaan- menurut-provinsi.html
Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. (2024). Statistik Data UMKM Nasional. Agustus 2024, https://data.diskopukm.jatimprov.go.id/satu_data/statistik
De Jong, J., & Den Hartog, D. (2010). Measuring Innovative Work Behaviour. Creativity and Innovation Management, 19, 23-36.
https://doi.org/10.1111/j.1467-8691.2010.00547.x
Faizaty, N. E., & Rivanda, N. O. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otokratis terhadap Perilaku Inovatif Karyawan UMKM Batik Ghatot Tuban. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 20(2), 09-17.
Firdausi. (2021). Abantal Omba’ Asapo Angin, Motto Nelayan Madura. Oktober 2024, https://pcnusumenep.or.id/abantal-omba-asapo-angin-motto-nelayan-madura/
Hammond, M. M., Neff, N. L., Farr, J. L., Schwall, A. R., & Zhao, X. (2011). Predictors Of Individual-Level Innovation At Work: A Meta-Analysis. Psychology of aesthetics, creativity, and the arts, 5(1), 90.
Hidayatullah, Y. (2023). Urus HAKI, UMKM di Bangkalan Dapat Perlindungan Hukum dari Kanwil Kemenkumham Jatim. Agustus 2024, https://bangkalankab.go.id/read/berita/4669-urus-haki-umkm-di-bangkalan- dapat-perlindungan- hukum-dari-kanwil-kemenkumham-jatim
Hofstede, G. (2011). Dimensionalizing Cultures: The Hofstede Model in Context. Online Readings in Psychology and Culture, 2, 8.
http://dx.doi.org/10.9707/2307-0919.1014
Koperasi Kabupaten Kulonprogo. (2021). Menteri Teten: Jumlah Kewirausahaan Perempuan Perlu Ditingkatkan. Oktober, 2024, https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/1030/menteri-teten-jumlah- kewirausahaan-perempuan-perlu-ditingkatkan
Kurniawati, E., & Ananda, K. S. (2019). The decision taken by the SME Kopi Malam Jumat (Friday Night Coffee) towards improving their culture by adopting E- Commerce as a vehicle towards Internationalisation. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 9, 1-11.
Maimuna, Y., Limbong, D., & Pracita, S. (2022). Meningkatkan keterlibatan perempuan dalam pengembangan UMKM berbasis pengetahuan khas perempuan Kota Kendari. Jurnal Ekonomi, 27(3), 399-416.
Metris, D., Kraugusteeliana, K., Amory, J. D. S., Mustafa, F., & Risdwiyanto, A. (2024). The Influence of Community Support on the Sustainability of MSMEs in the Digital Era. Jurnal Terobosan Peduli Masyarakat (TIRAKAT), 1(1), 21-29.
Mulyana. (2000). Perempuan Madura Pesisir Meretas Budaya Mode Patriakate. Jurnal Karsa, 19(2)
Muzayyanah, N., & Djudiyah. (2024). Exploring the Differences in Innovative Work Behavior and Workforce Agility Between Korean and Indonesian Employees: A Cross-cultural Study in a South Korea FDI Company. KnE Social Sciences, 217- 232.
Purhantoro, W. (2010). Perilaku Usaha Pada Masyarakat Madura Perantauan Di Kabupaten Sleman. Jurnal Solusi, 5.
Rohman, A. (2024). Sentra IKM Bangkalan Madura Proyek Gagal Total, Kalah sama Rest Area BUMDes Burneh. September 2024, https://mojok.co/terminal/sentra-ikm-bangkalan-madura-gagal-kalah-sama- rest-area-bumdes-burneh/
Samudji, S., Haryono, A., & Sofyan, A. (2017). The Values of Nationalism and Behavioral Conducts in Madurese Local Wisdom (MLW). The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(9), 4001–4012 https://doi.org/10.18535/ijsshi/v4i9.17
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of business research, 104, 333-339.
Susanti, G. A., Qomariah, N., & Anwar, A. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Cangkir Klasik Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 2(2), 154-167.
Sunarto. (2019). Etos Kerja Wanita Madura. September 2024, https://activita.co.id/etos- kerja-wanita-madura/
Tandelilin, E., Ratmawati, D., & Agustina, T. S. (2021). An exploration of ethnic entrepreneurial values and characteristics in MSEs. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 13(2), 148-162.
Utama, Y. Y. (2017). Analisis Pengaruh Budaya & Keluarga Terhadap Orientasi Wirausaha Orang Muda Di Indonesia Dan Malaysia. Modus, 29(2), 157-175.
Yasran, K. (2023). Potensi UMKM di Madura Sangat Besar Karena Ditopang dari Potensi Alam dan Kondisi Pasar. Agustus 2024, https://wartajakarta.com/potensi- umkm-di-madura-sangat-besar-karena- ditopang-dari-potensi-alam-dan-kondisi-pasar/
Zhang, W., Zeng, X., Liang, H., Xue, Y., & Cao, X. (2023). Understanding how organizational culture affects innovation performance: A management context perspective. Sustainability, 15(8), 6644.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mery Atika, Yan Ariyani, Almanif Fatihah Rachman