Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar: Sebuah Telaah Literatur
Abstract
Penelitian ini membahas peran orang tua dalam membentuk karakter anak, khususnya di usia sekolah dasar. Kajian literatur ini mengeksplorasi bagaimana interaksi antara orang tua dan anak, terhadap pembentukan karakter. Penelitian ini juga mengkaji peran orang tua dalam karakter anak, orang tua memberikan teladan yang baik, dan membangun komunikasi yang terbuka dan positif. Hasil telaah ini menunjukkan bahwa orang tua tetap harus berperan aktif dalam mendidik dan mengarahkan anak agar karakter mereka dapat berkembang dengan seimbang dan sesuai dengan nilai-nilai moral yang baik. Fokus utama dari penelitian ini adalah membahas apa yang menjadi inti permasalahan serta metode yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan adalah literature review. Penliti menelusuri dan melakukan analisis kritis terhadap berbagai literatur yang relevan dengan topik yang dibahas. Literatur yang digunakan meliputi jurnal ilmiah, artikel, dan laporan penelitian sebelumnya yang dapat mendukung pemahaman dan penjelasan konsep utama. Melalui metode ini, peneliti mengidentifikasi pola, temuan, serta kesenjangan dalam penelitian sebelumnya, yang kemudian menjadi dasar dalam merumuskan kesimpulan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan menelusuri literatur dari database seperti Google Scholar, OneSearch, dan Garba Rujukan Digital (GARUDA), dengan rentang waktu lima tahun terakhir (2019-2024).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arwen, D. (2021). Pentingnya peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Journal of Education and Intruction, 4(2).
Bandura, A. (1997). Social learning theory. New York: Learning Press.
Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Harvard University Press.
Erikson, E.H. (2010). Childhood and society. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah., & Arifudin, O. (2022). Peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak dalam menyikapi bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1).
Fikriyah, Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran orang tua dalam meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Riset Pedagogik, 4(1).
Hadian, V.A., Maulida, D.A., & Faiz, A. (2022). Peran lingkungan keluarga dalam pembentukan karakter. Jurnal Education and Development, 10(1).
Kanedi, A.K., Fauziah, P.Y., & Wibawa, L. Lingkungan keluarga dan kecerdasan interpersonal anak usia sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6).
Pahlevi, R., Utomo, P., & Septian, M.R. (2022). Orang tua, anak dan pola asuh: studi kasus tentang pola layanan dan bimbingan keluarga terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 4(1).
Siregar, L.Y.S. (2021). Motivasi orang tua dalam pembentukan karakter anak. Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ar Liza Listiyana