PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN DALAM BERKUNJUNG KEMBALI DI PANTAI NEPA

Nadiya Rizki Fitriana, Zainal Abidin

Abstract


Pantai Nepa merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sampang yang memiliki keunikan dengan potensi hutan mangrove bersatwa kera berekor panjang. Akan tetapi potensi ini tidak dapat dikembangkan secara maksimal sehingga jumlah kunjungan wisatawan reltif mengalami penurunan dan fluktuatif yang tidak stabil. Hal ini dikarenaakan ada beberapa komponen daya tarik wisata yang mengalami kerusakan dan tidak terurus oleh pihak pengelola. Adanya penelitian ini bertujuan untuk melihat komponen daya tarik wisata sebagai upaya meningkatkan minat berkunjung kembali wisatawan di Pantai Nepa. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi literatur dengan analisis desktiptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pengembangan komponen daya tarik terutama pada atraksi, amenitas dan pelayanan belum optimal dilakukan dan tidak ditemukan adanya upaya pengembangan dari segi aksesbilitas. Saran dari penelitian ini diharapkan pihak pengelola dan pemerintah dapat menigkatkan dan membangun komponen daya tarik yang masih belum maksimal supaya wisatawan yang berkunjung dapat membentuk pengalaman positif dan merasa puas sehingga akan kembali berkunjung di masa depan.

Keywords


Pantai Nepa, Pengembangan Pariwisata, Minat Kunjung Kembali

Full Text:

PDF

References


Ahyar, A., & Wardhani, M. K. (2014). Kajian Potensi Ekowisata Pesisir Nepa Kabupaten Sampang dengan Konsep Mangrove Park. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology, 7 (2), 94-99.

Arida, I Nyoman Sukma. (2017). Pariwisata Berkelanjutan. Bali: Sustain Press

Arofah, Marwatul. (2016). Kajian Tentang Pantai Nepa Sebagai Kawasan Ekowisata di Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang. Ejournal Unesa, 43-50.

Chaerunissa, S. F., &Yuniningsih, T. (2020). Analisis Komponen Pengembangan Pariwisata Desa Wisata Wonolopo Kota Semarang. Journal of public policy and managemen review, 9(4),159-175.

Hasegawa, T. S., & Umilia, E. (2017). Arahan Pengembangan Kawasan Wisata Pantai Nepa Berdasarkan Preferensi Pengunjung Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang. Jurnal Teknik ITS, 6 (1), C106-C111.

Isdarmanto. (2017). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara.

Iskandar, Zulrizka. (2013). Psikologi Lingkungan Metode dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Luo, S. J., & Hsieh, L. Y. (2013). Reconstructing revisit intention scale in tourism. Journal of Applied Sciences1, 3 (18), 3638-3648.

Millenia, J., Sulivinio, S., Rahmanita, M., & Emier Osman, I. (2021). Strategi Pengembangan Wisata Mangrove Desa Sedari Berbasis Analisis 4A (Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary Services). Jurnal Ilmiah Pariwisata, 26(3), 284-293.

Nabila, A. N. L., & Armida, A. (2020). Pengaruh Customer Perceived Value Dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Pada Objek Wisata. Jurnal Ecogen, 3 (3), 477-487.

Rukmana, R. C. S., & Armono, H. D. (2013). Studi Potensi Obyek Wisata Pantai di Kabupaten Sampang. Jurnal Teknik ITS, 2 (1), G52-G55.

Sampangtourism. (2023). Data Kunjungan Pariwisata Sampang. Diakses pada 25 September 2023, dari https://pariwisata.sampangkab.go.id/

Saputra, A. R., Palinggi, Y., & Sari, N. A. (2022). Pengaruh servicescape terhadap revisit intention yang dimediasi oleh perceived service quality. Jurnal Kinerja, 19 (4), 686-698

Suwena, I. K. (2017). Ilmu Dasar Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.

Wibisono, N., & Yahya, E. S. (2016). Persepsi Wisatawan terhadap Daerah Wisata Kabupaten Bandung. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, (7), 72-77.

Widiati, I. A. P., & Permatasari, I. (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism Development) Berbasis Lingkungan Pada Fasilitas Penunjang Pariwisata di Kabupaten Badung. Kertha Wicaksana, 16(1), 35-44.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2017). Services marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. In Business Horizons (Seventh Ed, Vol. 51, Issue 3). McGraw-Hill Education.

Zhang, H., Wu, Y., & Buhalis, D. (2018). A model of perceived image, memorable tourism experiences and revisit intention. Journal of destination marketing & management, 8, 326-336.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadiya Rizki Fitriana, Zainal Abidin