Personal Branding Sebagai Strategi Karier Influencer
Abstract
Pekerjaan sebagai influencer memiliki tantangan tersendiri dimana individu membangun personal branding serta menunjukkan citra diri yang baik kepada masyarakat serta menciptakan value bagi audiens dengan cara mempertahankan kualitasnya. Citra diri dan penilaian yang buruk dari publik akan membuat profesi influencer meredup dan tidak dapat bertahan dalam karier kedepan. Mempertahankan personal branding dapat menjadi strategi dalam mempertahankan karier dan kinerja influencer. Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai gambaran personal branding dalam membangun akun dari seorang influencer yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai strategi berkarier sebagai influencer. Penelitian ini menggunakan kajian literatur yang diperoleh dan ditelaah. Hasil menunjukkan bahwa personal branding dapat menjadi strategi karier tersendiri bagi influencer khususnya pada pengembangan karier guna menjadikan influencer sebagai sosok yang unik dan khas yang tidak tergantikan dengan influencer lain. Keunikan dan kekhasan dari influencer dapat diperoleh melalui personal branding baik dari segi konsep diri maupun konten yang dibentuk.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, F., & Sinduwiatmo, K. (2023). Tiktok Sebagai Media Personal Branding Melinda Rohita. Jurnal Pustaka Komunikasi. 6(1). 169-180.
Ardiyanti, D., & Alsa, A. (2015). Pelatihan “PLANS” untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir. GADJAH MADA JOURNAL OF PROFESSIONAL PSYCHOLOGY, 1(1), 1–17.
Arjanggi, R. (2017). Identifikasi permasalahan pengambilan keputusan karir remaja. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 22(2), 28-35.
Damayanti, D., & Widyowati, A. (2018). Peningkatan Career Decision Making Self Efficacy (CDSME) Melalui Pelatihan Perencanaan Karir Pada Siswa SMK. HUMANITAS. 15(1). 35-45.
Dewi, F. N. R. (2021). Konsep Diri pada Masa Remaja Akhir dalam Kematangan Karir Siswa. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 5(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v5i1.9746
Firdaus, M. R., & Zulfiningrum, R. (2019). Representasi Citra Diri Keanu Sebagai Influencer Melalui Instagram @keanuagl. Jurnal Heritage, 10(2), 105–114.
Handika, M., & Darma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 192–203. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Hastan, V., & Sukendro, G. (2022). Kreativitas Influencer dalam Mengampanyekan Self Love untuk Kesehatan Mental di Instagram. Prologia, 6(1), 25–32.
Hidayatullah, F., Farid, M, & Afifah, N. (2022). Pemanfaatan Influencer sebagai Media Promosi Pariwisata Sulawesi Selatan pada Akun Instagram @visitsulsel.id. AVANT GARDE: Jurnal Ilmu Komunikasi. 10(2). 272-284.
Kintan, S. D., Retnoningtyas, D. W., & Widarnandana, I. G. D. (2021). Pengaruh Layanan Informasi Mengenai Karir Terhadap Penurunan Keragu-raguan Pembuatan Putusan Karir Siswa SMA. Jurnal Psikologi MANDALA, 5(2), 35–58.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. PSIKOPEDAGOGIA, 5(1), 33–41.
Luthfiyyah, A., Setiyanti, Y., & Dida, S. (2020). Personal Kreatif Branding Yulia Baltschun sebagai Diet Influencer Melalui Instagram. Journal of Scientific Communication (Vol. 2, Issue 2). https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia
Mustaqimmah, N., & Firdaus, W. (2021). Personal Branding pada Akun Instagram Digital Influencer @boycandra. KOMUNIKASIANA Journal of Communication Studies, 3(2), 78–90.
Pribadi, A.S., Erlangga, E., Wangge, M.W. (2021). Konsep Diri Akademik Dengan Pengambilan Keputusan Karier Pada Siswa SMP. Philanthropy Journal of Psychology. 5(1). 157-174.
Putih, A.R., & Muyana, S. (2023). Peran Guru BK Dalam Membangun Personal Branding di Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Karir di Era Society 5.0. Prodising Seminar Antarbangsa.
Ramadini, F., & Dianita, I. A. (2022). Strategi Personal Branding Male Beauty Influencer @YUDHISTIRAWR Di Instagram. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 171–183.
Saepulloh, S., Kusworo, H. A., & Fandeli, C. (2022). Serious Leisure:Menelisik Profesi Travel Influencer. Jurnal Kawistara, 11(3), 314. https://doi.org/10.22146/kawistara.v11i3.69303
Silaban, S. I., Dida, S., & Perbawasari, S. (2019). Personal Branding Yulia Baltschun Sebagai Diet Influencer Melalui Youtube. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 5(2), 357–371. www.journal.uniga.ac.id
Sitompul, L. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Dengan Menggunakan Media Gambar pada SIswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 15(3).
Susilawati, S., & Asbari, M. (2023). Personal Branding: Antara Uang dan Nama. Literaksi : Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 50–54. https://doi.org/10.9000/jupetra.v1i1.3
Utami, T. R., & Christin, M. (2023). Strategi Personal Branding Comedian Influencer di Media Sosial. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 146–164. https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.13678
Widyanti, R. (2018). Manajemen Karir (1st ed.). Makassar: Rizky Artha Mulia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vidya Nindhita