Metode Bercerita dan Kepedulian pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan mengenai rendahnya tingkat perkembangan kepedulian anak usia taman kanak-kanak. Terdapat anak yang masih belum mengembangkan kepeduliannya dikarenakan kurangnya stimulus yang didapat dari lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan metode bercerita untuk meningkatkan kepedulian anak usia taman kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskripttif dengan metode studi literatur (literature review). Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu berupa hasil penelitian yang terdahulu berupa jurnal-jurnal yang relevan dengan topik penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis). Hasil temuan dari analisis data yang diperoleh bahwa metode bercerita memiliki peranan penting dalam meningkatkan kepedulian anak usia taman kanak-kanak. Anak akan lebih mudah dalam memahami inti pembelajaran melalui cerita yang disampaikan sehingga anak dapat belajar mengenai perilaku benar dan salah yang dapat menumbuhkan kepedulian anak terhadap sesama secara efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa sikap yang ditunjukkan anak seperti anak mau berbagi mainan/makanan, anak mau membantu teman, dan anak mau bekerjasama dalam membereskan mainan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryani, D. T. (2013). Peran guru dalam menumbuhkan kepedulian anak usia 5-6 tahun di TK Angkasa Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(10).
Davis, M. H. (1980). A multidimensional approach to individual differences in emphaty. JSAS Catalog of Selected Documents in Psychology.
Dhieni, N., dkk. (2007). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Fikri, M., Rukiyati. (2022). Peran guru dalam mengembangkan sikap peduli sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 478-487.
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903-917.
Hamzah, A. (2019). Metode penelitian kepustakaan (Library research: kajian filosofis, teoritis dan aplikatif). Malang: Literasi Nusantara.
Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.
Jannah, M. (2015). Tugas-tugas perkembangan pada usia kanak-kanak. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(2), 87-98.
Jumini, Ali, M., & Miranda, D. Peningkatan karakter kepedulian sosial melalui metode bercerita pada anak usia 5–6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(4).
Khaerunnisa, S., & Muqowim, M. (2020). Peran guru dalam menanamkan nilai karakter peduli sosial. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 206.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.
Moeslichatoen. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan empati anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 30-39.
Nurbaiti, A., Supriyono, S., & Kurniawan, H. (2022). Karakter peduli sosial anak usia dini dalam film animasi diva the series. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 373–386.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010. Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Retnasari, H., Rahayu, A. P., Veronica, N., & Wahono, W. (2023). Eksistensi Storytelling Berbasis Cerita Rakyat sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Kepedulian Sosial Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3863-3874.
Setyaningrum, S. R., Triyanti, T., & Indrawani, Y. M. (2014). Pembelajaran di pendidikan anak usia dini dengan perkembangan kognitif pada anak. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal), 243-249.
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kualitatif (untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, A., Sofia, A., & Irzalinda, V. (2020). Empati anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 60-67.
Sumual, O. E. M. (2022). Penerapan pendidikan karakter melalui metode bercerita pada anak usia dini di TK GMIM Damai Rasi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(10), 382-389.
Suryadi. (2006). Kiat jitu dalam mendidik anak. Jakarta: Edsa Mahkota.
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. Journal of Social Science Teaching, 1(1), 39–59.
Winangsih, W., Yuniarti, L., & Aprianti, E. (2018). Meningkatkan sikap empati melalui metode mendongeng pada anak usia dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(3), 42-47.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Widya Febriani