Kemiskinan, Gender, dan Covid-19 Jatim: Feminization of Poverty, Multiple Pandemic, and Feminization of Pandemic

Zulfakhri Auzar

Abstract


Kemiskinan sangat terkait dengan isu gender. Sampai-sampai terbentuklah konsep yang bernama feminisasi kemiskinan. Jawa Timur merupakan kontributor ekonomi nomor dua di Indonesia. Namun, kapasitas ekonomi ini tidak selaras dengan kinerja dalam penanganan kemiskinan, keberdayaan gender, dan keterbangunan/ketimpangan gender. Dengan demikian, sebuah urgensi untuk memotret isu-isu ini di Jatim dan menginvestigasi relasi kemiskinan dengan gender. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini yang bisa dikatakan sebagai sebuah disrupsi terhadap upaya pembangunan kesejahteraan manusia. Diskursus mengenai feminisme juga terkait dengan pandemi yang membawa kita pada konsep feminisasi pandemi.

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan besar yaitu apakah feminisasi kemiskinan dan feminisasi pandemi terjadi di Jatim. Potret kemiskinan dan gender akan dieksplorasi dan diinvestigasi relasinya. Untuk kebutuhan ini, data yang akan digunakan adalah tingkat kemiskinan, Indeks Pemberdayaan Gender (IPG), Indeks Pembangunan Manusia kedua gender (IPM Laki-laki dan IPM Perempuan), dan Indeks Pembangunan Gender (IPG). Data penelitian berupa data panel 38 kota dan kabupaten di Jatim dalam rentang waktu 2012 hingga 2016. Tahun 2016 tidak termasuk dalam analisis tingkat kota/kabupaten mengingat data yang tidak tersedia. Mengenai dampak Covid-19 terhadap tingkat kemiskinan, keberdayaan gender, dan keterbangunan gender, kelima variabel akan diperbandingkan antara tahun 2019 dengan 2020. Sumber data (sekunder) berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS). Dokumentasi daring dari laman resmi akan dilakukan. Alat analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, regresi data panel, dan uji T. Penelitian ini menyimpulkan bahwa feminisasi kemiskinan dan feminisasi pandemi terjadi di Jatim. Penelitian ini pula menawarkan saran, baik untuk kebutuhan pembuatan kebijakan, maupun untuk riset lanjutan yang relevan.


Full Text:

248-287

References


“Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Jatim Masih Tinggi”, http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/kasus-kekerasan-perempuan-dan-anak-di-jatim-masih-tinggi, diakses tanggal 15 Agustus 2021.

“Sebanyak 5.733 Anak di Jawa Timur Menjadi Yatim Piatu Karena Covid-19”, https://nasional.tempo.co/read/1492703/sebanyak-5-733-anak-di-jawa-timur-menjadi-yatim-piatu-karena-covid-19, diakses tanggal 15 Agustus 2021.

Adnan, G., & Amri, K. “Apakah Pendapatan Perempuan Dapat Mengurangi Kemiskinan? Bukti Data Panel di Indonesia”. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, Vol. 8, 2020.

Adnan, G., & Amri, K. “Pemberdayaan Gender, Pendapatan Perempuan, dan Penurunan Kemiskinan: Bukti Data Panel dari Kawasan Barat Indonesia”. Media Ekonomi, Vol. 28, 2020.

Ahinkorah, B.O., dkk. “COVID-19 Pandemic Worsening Gender Inequalities for Women and Girls in Sub-Saharan Africa''. Frontiers in Global Women’s Health. Vol. 2, 2021.

Azizah, E.W., Sudarti, & Kusuma, H. “Pengaruh Pendidikan, Pendapatan Per Kapita dan Jumlah Penduduk terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur”. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 2, 2018.

Bellizzi, S., dkk. “Violence against women in Italy during the COVID-19 pandemic”. International Journal of Gynecology & Obstetrics. Vol. 154, 2021.

Chairani I. “Dampak Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Gender di Indonesia”. Jurnal Kependudukan Indonesia | Edisi Khusus Demografi dan COVID-19, 2020.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, 2021. Profil Kesehatan Jawa Timur 2020. Surabaya: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Ede’o, A.Z., Ketebo, J.H., & Chala, B.W. “Feminization of multidimensional urban poverty in sub-Saharan Africa: Evidence from selected countries”. African Development Review, Vol. 32, 2020.

Fajriyah, N., & Rahayu, S.P. “Pemodelan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan Kabupaten/Kota di Jawa Timur Menggunakan Regresi Data Panel”. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 5, 2016.

Fukuda-Parr, Sakiko. “What Does Feminization of Poverty Mean? It Isn’t Just Lack of Income”. Feminist Economics, Vol. 5, 1999.

Gani, I. “Poverty of Women and the Covid-19 Pandemic in Indonesia”. Budapest International Research and Critics Institute-Journal. Vol. 4, 2021.

Gornick, J.C., & Boeri, N. “Gender and Poverty”. The Oxford Handbook of the Social Science of Poverty. Cetakan ke-1, Oxford University Press, New York, 2016.

Intaniswara, S., Analisis Pengaruh Kepala Rumah Tangga Perempuan terhadap Status Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Surabaya, 2013.

Lestari, R.P., Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia, Pengangguran, Produk Domestik Regional Bruto terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Lampung dalam Perspektif Ekonomi Islam Tahun 2011-2015. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung. 2017.

Medeiros, M., & Costa, J. “Is There a Feminization of Poverty in Latin America?”. World Development, Vol. 36, 2008.

Milla, W.U., & Rofi, A. “Perubahan Angka Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur pada Pra dan Era Otonomi Daerah”. Jurnal Bumi Indonesia. Vol. 2, 2013.

Nisak, S.S., & Sugiharti, L. “Gender Inequality and Women Poverty in Indonesia”. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Vol. 11, 2020.

Oyekanmi, A.A., & Moliki, A.O. “An Examination of Gender Inequality and Poverty Reduction in Ogun State Nigeria”. Journal of Sustainable Development in Africa. Vol. 23, 2021.

Prasetyoningrum, A.K., & Sukmawati, U.S., “Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan di Indonesia”. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah. Vol. 6, 2018.

Rahutami, A.I., & Matitaputty, S.J. “Gender Issues of Poverty Alleviation in Indonesia. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics, and Law, Vol. 13, 2020.

Samudra, R.R., & Setyonaluri, D. “Inequitable Impact of Covid-19 in Indonesia: Evidence and Policy Response”. UNESCO & Lembaga Demografi UI., 2020.

Sari, I.P, Rasyid, A.H.A., & Senen. “Pengentasan Kemiskinan di Jawa Timur dengan Pendekatan Pembangunan Manusia”. Jurnal Ekonomi, Vol. 22, 2020.

Setiawati, A.K., & Setiawan. “Pemodelan Persentase Penduduk Miskin di Jawa Timur dengan Pendekatan Ekonometrika Panel Spasial. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 1, 2012.

Wahyudi, A. “Analisis Kinerja Program Jalin Matra untuk Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan di Jawa Timur”. Jurnal Cakrawala. Vol. 14, 2020.

Walid, & Pratama, B.R. “Analysis of Gender Inequality in Poverty Reduction Program”. Economics Development Analysis Journal, Vol. 4, 2020.

Zamhari, J., Wisadirana, D., & Kanto, S. “Analisis Determinan Kemiskinan di Jawa Timur”. Wacana. Vol. 18, 2015.

Zhang H., “The Influence of the Ongoing COVID-19 Pandemic on Family Violence in China”. Journal of Family Violence. Published Online, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.