Pemanfaatan Limbah Plastik Untuk Pembuatan Vertical Garden dan Pemberdayaan Lahan Kosong

Ari B, Sekar A M, Nur F CS, Ilham P

Abstract


Limbah plastik rumah tangga merupakan salah satu jenis bahan yang membahayakan bagi lingkungan karena materialnya terbuat dari plastik yang sulit untuk diuraikan bakteri. Meskipun demikian, bahaya dari limbah plastik ini dapat diminimalkan apabila material limbah tersebut dimanfaatkan secara benar, bahkan bisa memberikan nilai tambah. Desa Lebo yang terletak di wilayah Sidoarjo masih memiliki sejumlah area lahan kosong. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan lahan kosong tersebut untuk dialihfungsikan menjadi taman mini dengan memanfaatkan limbah plastik rumah tangga. Tanaman yang ditanam pada lahan tersebut merupakan tanaman hias yang dipilih karena tahan terhadap lingkungan kering sehingga mampu bertahan di cuaca yang ekstrim. Tidak hanya tanaman hias, terdapat juga beberapa tanaman toga yang dapat dimanfaatkan warga sebagai  obat herbal alami dalam menyembuhkan beberapa penyakit. Sebagai media tanamnya adalah pot plastik yang terbuat dari limbah botol plastik. Jenis limbah ini juga dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pot untuk membuat vertical garden yang diisi dengan tanaman tertentu. Selain itu, limbah botol-botol plastik juga dimanfaatkan sebagai hiasan serta pembatas taman mini yang dibuat pada lahan kosong. Hasilnya yaitu lingkungan menjadi lebih asri dan jumlah limbah plastik rumah tangga menjadi berkurang.


Full Text:

224-229

References


Arum ,H,M., Jamiati, Ineza, M., Kusumo, F.M.R., Amelia, R.2019. Pemanfaatan Barang Bekas Botol Plastik Dalam Pembuatan Vertical Garden Di Wilayah Lamtoro Pamulang Timur. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Budiarto, Slamet. 2013. Inspirasi Desain dan Cara Membuat Vertikal Garden. PT. Agro Media Pustaka. Jakarta.

Doriza, S., Putri, V.U.G.2014. Limbah Botol Plastik Melalui Pelatihan Wirausaha Produk Aksesoris Bagi Ibu Rumah Tangga. Jurnal Sarwahita. 11(2) : 99-108.

Franzia, Elda. 2014. Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Untuk Produk Rumah Tangga. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. Universitas Trisakti.

Kurnia, Anis. 2018. “Sejarah Perkembangan Yayasan Pendidikan Sabilur Rosyad Al Utsmani Sidoklumpuk Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo Tahun 1995 – 2017”. Jurusan Sejarah Peradaban Islam. UIN Sunan Ampel. Surabaya.S

Putra, Hijrah Purnama dan Yuriandala, Yebi. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. 2(1) : 21-31.

Savitri, Astrid. 2016. Tanaman Ajaib Basmi Penyakit Dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Bibit Publisher. Depok Jawa Barat

Suminto, Sekartaji. 2017. Ecobrick : Solusi Cerdas dan Kreatif Untuk Mengatasi Sampah Plastik. Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk). 3(1) : 26-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.