Penurunan Rasio Gini Provinsi Jawa Timur pada Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Hasil dari Penerapan Program Bantuan Pangan Non Tunai

Yusuf Munandar, Rina Karlina, Ali Moechtar, Johan Kasim, Cipto Adhi Setiawan, Lalu Muhammad Azmi Prasetya

Abstract


Pada awal tahun 2020, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan stimulus untuk mengurangi dampak Covid-19 yaitu program Kartu Sembako atau program BPNT yang diperbarui. Salah satu tujuan dari diterapkannya program BPNT di Provinsi Jawa Timur adalah untuk menurunkan tingkat ketimpangan pendapatan masyarakat di Provinsi Jawa Timur. Demikianlah, penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan mendapatkan angka penurunan Rasio Gini sebagai hasil dari penerapan program BPNT di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode Counter Factual Analysis (CFA) dan data Susenas Maret 2020. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan program BPNT pada 2020 dapat menurunkan tingkat ketimpangan pendapatan di Provinsi Jawa Timur Indonesia yaitu mampu menurunkan Rasio Gini Provinsi Jawa Timur sebesar -1,10%. Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, dan Kabupaten Pamekasan adalah tiga kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur dengan penurunan terbesar pada Rasio Gini Provinsi Jawa Timur, Rasio Gini Perempuan Provinsi Jawa Timur, dan Rasio Gini Laki-laki Provinsi Jawa Timur. Kota Blitar, Kota Surabaya dan Kota Malang adalah tiga kota di Provinsi Jawa Timur dengan penurunan terkecil pada Rasio Gini Provinsi Jawa Timur, Rasio Gini Perempuan Provinsi Jawa Timur, dan Rasio Gini Laki-laki Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini merekomendasikan agar pemerintah Provinsi Jawa Timur mendorong pemerintah Kota Blitar, Kota Malang dan Kota Surabaya untuk memperkuat penerapan BPNT dan meningkatkan efektivitas BPNT sehingga penerapan BPNT bisa menurunkan Rasio Gini lebih besar lagi.


Full Text:

208-223

References


Munandar, Y. (2021). Decrease in the Gini Coefficient as a Result of the Distribution of BPNT during the Covid-19 Pandemic in the Province of Bangka Belitung Islands, Indonesia. Equity Jurnal Ekonomi Vol.09 No.01: 06-2021, Juni 2021, 51 - 60.

Rachman, B., Agustian, A., & Wahyudi. (2018). Efektivitas dan Perspektif Pelaksanaan Program Beras Sejahtera (Rastra) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Analisis Kebijakan Pertanian Vol.16 No.1, Juni 2018, 1 - 18.

Rosaliana, A., & Hardjati, S. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Public Administration Journal Vol.2 No.2, 96 - 110.

Wiyaka, A., & Murti, E. (2018). Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Dalam Perlindungan Sosial di Kecamatan Gerih dan Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi Tahun 2018. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, 19 September 2019, Fakultas Teknologi Informasi UNMER Malang (pp. 1773 - 1778). Malang: Fakultas Teknologi Informasi UNMER Malang.

Belanawane, M., Sari, R. P., Purwanto, A. B., Yohana, J., Sabarisman, M., & Sugiyanto. (2019). Kelembagaan Penyediaan dan Penyaluran Komoditas Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI.

BPS Indonesia. (2020). Survei Sosial dan Ekonomi Nasional Maret 2020. Jakarta: BPS Indonesia.

Darinda, D., & Moechtar, A. (2019). Analisis Dampak Bansos dan Subsidi atas Kemiskinan dan Ketimpangan. In T. Falyanti, H. Amir, & Y. Abimanyu, Seri Analisis Kebijakan Fiskal - Kapita Selekta Kebijakan Fiskal dan Makroekonomi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan dan Berkeadilan: Analisis Nasional dan Regional (pp. 61 - 98). Jakarta: PT Penerbit IPB Press.

Pusat Data dan Informasi Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan, dan Pelatihan dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. (2018). Data dan Informasi: Manfaat Dana Desa di Provinsi Jawa Timur. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan, dan Pelatihan dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.